Pantai Sepanjang Gunungkidul

Pantai Sepanjang Gunungkidul, Eksotisme Kuta yang Ada di Jogja

Pantai Sepanjang, pernah mendengar nama tersebut? Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang ada di Gunungkidul Jogja. Kabupaten Gunungkidul sendiri merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki lebih dari 50 pantai dengan keindahan yang luar biasa.

Pantai-pantai di kabupaten ini saling berjajar membentuk barisan yang indah. Salah satunya adalah Pantai Sepanjang seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pantai yang mendapatkan nama Sepanjang ini bukan tanpa maksud, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dari barat ke timur. Bahkan, pantai ini disebut juga dengan Pantai Kuta zaman dulu. Ya, memang benar kalau pantai ini masih belum seramai Pantai Kuta yang sudah penuh sesak dengan wisatawan.

Pantai Sepanjang berada satu garis dengan Pantai Kukup, Sundak, dan Baron. Pemandangannya tentu saja tidak kalah indah dengan ketiga pantai tersebut.

Letak Pantai Sepanjang

Buat kamu yang mau mengunjungi Pantai Sepanjang, tempatnya ada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Letaknya berada kurang lebih 1 km sebelah barat Pantai Drini dan timurnya Pantai Kukup.

Keindahan Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Jogja
fajarindra.web.id

Saat sampai di pantai ini, kamu akan mendapati hamparan pasir putih yang luas dengan birunya laut membentang. Di sisi pantai terdapat bukit karang yang berdiri tegak dan kuat.

Bukan hanya yang di atas air saja pemandangan dapat kamu temui, ada keindahan lain di bawah air laut. Karang yang tak beraturan menghiasi bawah air. Ada juga hewan-hewan laut yang berenang dan berdiam diri di sana. Ikan-ikan kecil, kerang, bulu babi, bintang laut, dan berbagai biota laut lainnya.

Selain itu, ketika laut sedang surut, kamu bisa melihat penduduk di sekitar akan berburu rumput laut, kerang, dan juga biota laut lainnya. Biasanya, mereka akan mengonsumsinya sendiri, atau diolah terlebih dahulu baru kemudian dijual kepada wisatawan.

Di sekitar pantai akan kamu dapati gubuk-gubuk kecil beratapkan dedaunan kering yang menyajikan berbagai macam hasil laut. Kalau kamu mau makan juga ada berbagai macam makanan di tempat ini.

Bukit yang ada di dekat pantai ini dimanfaatkan penduduk untuk bercocok tanam. Tanaman yang dipilih mulai dari kedelai, jagung, dan tanaman tahan dengan kondisi di sekitar pantai.

Fasilitas di Pantai Sepanjang

Jika kamu berwisata di pantai indah ini, ada banyak fasilitas yang disediakan. Kamu nggak perlu khawatir tentang makanan karena di sekitar pantai terdapat banyak rumah makan. Kalau kamu mau menginap, ada juga penginapan yang disewakan di dekat pantai.

Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti kamar mandi dan juga toilet untuk bilas setelah bermain di pantai atau kalau kamu kebelet ke belakang.

Keunikan di Pantai Sepanjang

Selain pemandangannya yang begitu memesona, ada juga yang unik di pantai ini, ada sebuah situs dari zaman dahulu, Banyusepuh namanya. Situs Banyusepuh ini artinya adalah membasuh dengan air, nama tersebut menjadi nama tempat ini karena memang tempatnya adalah sebuah mata air yang biasanya digunakan untuk membasuh dan memandikan benda pusaka.

Konon, di zaman dahulu, mata air tersebut digunakan untuk mencuci benda-benda pusaka milik para wali dan ulama. Namun, sekarang situs tersebut hanyalah cekungan kosong tanpa air, sehingga wisatawan yang mencarinya akan sulit untuk menemukannya. Hanya ada beberapa warga di sekitar Pantai Sepanjang saja yang tahu letak Banyusepuh berada.

Oleh-oleh dari Pantai Sepanjang

Setelah puas berkeliling pantai, tentu akan terasa kurang jika tidak membawakan cinderamata untuk keluarga. Nah, di sepanjang pantai kamu akan mudah menemukan penjual cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Cinderamata berbahan kerang tersebut dibuat menjadi berbagai macam bentuk seperti kereta kencana, orang-orangan, barong, dan jepitan.

Kalau kamu punya uang yang pas-pasan, bisa juga lho mencari cangkang kerang di tepi pantai. Yah, paling nggak kalau bukan buat oleh-oleh bisa dijadikan barang koleksi di rumah.

Rute Menuju Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Jogja
piknikasik.com

Nah, kalau sudah tahu betapa indahnya dan menariknya pantai di Wonosari ini, tinggal cari tahu akses untuk menuju kesana. Ada beberapa rute yang bisa kamu lewati agar bisa sampai ke Pantai Sepanjang.

Rute Pertama

Jika kamu dari Kota Jogja, langsung saja menuju Piyungan lalu jalan terus sampai Patuk, Wonosari. Setelah itu pergi menuju Jalan Baron dan carilah jalan ke Kemadang. Kemudian setelah sampai pertigaan Pantai Baron, pilih jalan ke timur atau ke kiri. Jika sudah menjumpai Pantai Kukup, lurus saja, sampai kamu menemukan Pantai Sepanjang.

Rute Kedua

Rute kedua ini hampir sama, kamu berangkat dari Kota Jogja langsung saja menuju Piyungan dan lanjut sampai ke Patuk lalau Wonosari. Sesampainya Wonosari pergi ke arah Pertigaan Mulo lalu belok kiri sampai ke Tepus. Setelah sampai Tepus cari jalan ke arah Pantai Indrayanti, lalu Sundak, Krakal, baru kemudian kamu akan menemukan Pantai Sepanjang.

Rute Ketiga

Rute ketiga ini juga masih berangkat dari Kota Jogja, tapi sekarang kita lewat Bantul. Dari Bantul langsung menuju Purwosari lalu ke Panggang. Dari Panggan cari jalan ke Saptosari sampai ke pintu masuk Pantai Baron. Dari Pintu masuk tersebut ambil jalan ke kiri sampai Pantai Kukup. Nah setelah Pantai Kukup itulah kamu akan menemukan Pantai Sepanjang.

Kalau dari penjelasan rute menuju Sepanjang masih bingung juga, kamu bisa ikuti koordinat GPS-nya di -8.136954,110.566145

Selamat berwisata di Jogja 🙂

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.