Gudeg Jogja

3 Makanan Khas Yogyakarta, dari yang Manis Sampai Pedas Menggoda

Makanan Khas Jogja – Kota yang satu ini siapa sih yang nggak mengenalnya? Kota dengan segala keindahan dan keramahannya ini tentu menjadi sebuah warna tersendiri untuk Indonesia.

Kalau ngomongin soal wisata kota, ada satu hal yang nggak boleh dilewatkan.

Apaan tuh?

Tentu saja kulinernya dong. Waktu kamu pergi berwisata ke suatu tempat, pasti nggak cuma cari pemandangan indahnya saja kan? Kamu tentu juga mencari apa saja makanan yang menjadi khas di tempat tersebut.

Seperti halnya ketika kamu mengunjungi Kota Jogja, pastilah ada keinginan untuk mencoba makanan khas yang ada di kota ini. Dan tentu kamu sudah tahu apa saja yang menjadi khas di kota pelajar ini dong. Mulai dari makanan yang bikin kenyang, sampai makanan yang dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Makanan Khas Yogyakarta

Walaupun sudah banyak yang tahu, nggak ada salahnya kan kalau kita cari tahu lebih dalam beberapa makanan khas kota yang ngangenin ini.

1. Gudeg Yogyakarta

Gudeg salah satu makanan khas Jogja
ariffadlillah.com

Gudeg atau gudheg merupakan makanan yang asli Jogja dan sudah ada sejak jaman dahulu kala. Gudeg terbuat dari nagka muda yang dimasak sangat lama bersama dengan bumbu-bumbu dan juga santan.

Kalau kamu mau menikmati gudeg di Jogja, nggak perlu bingung deh, hampir di tiap daerah yang ramai di kota ini pasti ada penjual gudeg. Ada yang jualannya pagi hari ketika orang-orang akan berangkat bekerja. Atau saat malam hari ketika sudah banyak yang lapar karena nasi di rumah sudah habis.

Ada tiga jenis gudeg yang bisa kamu cobain, mau gudeg kering, gudeg basah, atau gudeg manggar.

Gudeg kering membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya, tetapi lebih tahan lama juga waktu simpannya. Biasanya memiliki warna yang lebih coklat dan rasanya lebih manis.

Kalau gudeg basah sedikit berbeda dengan gudeg kering. Gudeg basah disajikan menggunakan kuah santan yang nyemek dan gurih. Gudeg basah ketahanannya lebih singkat jika dibandingkan dengan gudeg kering. Hal ini karena proses pemasakannya yang lebih singkat dan mengandung lebih banyak kadar air.

Gudeg yang ketiga berbeda dengan kedua gudeg di atas. Gudeg manggar menggunakan bahan berupa bunga kelapa. Karena menggunakan bahan yang nggak umum, gudeg yang satu ini juga lebih susah ditemukan.

Kalau kamu memang penasaran dengan rasa gudeg manggar, coba deh datengin penujual gudeg yang warungnya besar, tanya aja apakah ada gudeg manggar atau tidak.

Selain gudeg dari nangka muda, penyajian makanan ini biasanya bersama dengan nasi dan beberapa lauk seperti ayam kampung, telur, tahu, sambel krecek, dan juga kuah santan kental atau areh.

2. Oseng-oseng Mercon

Oseng Oseng Mercon Jogja
penadigitalindonesia.wordpress.com

Siapa bilang makanan di Jogja itu cuma yang manis-manis aja, ini nih salah satu contoh makanan pedas di kota gudeg, oseng-oseng mercon.

Oseng-oseng mercon ini terkenal banget sama kepedasannya yang bikin kamu kringetan dan berlinangan air mata. Dinamai oseng-oseng mercon mungkin karena ketika sudah masuk ke dalam mulut, rasanya seperti meledak.

Makanan pedas dari Jogja ini merupakan olahan daging sapi, gajih, kikil, tulang muda, dan kulit yang dioseng-oseng
bersama dengan bumbu dan tentu saja cabe rawit. Aroma makanan yang menandakan kepedasannya akan tercum begitu oseng-oseng mercon sampai di hadapan kamu.

Untuk kamu pecinta makanan pedas, langsung ada menuju ke Jl. KH. A. Dahlan, ada banyak penjual oseng-oseng mercon di sekitar jalan itu. Tapi, yang paling terkenal adalah Oseng-Oseng Mercon Bu Narti yang berada di sebelah kiri jalan masuk ke SMA Muhammadiyah 5, Yogyakarta.

Buruan cicipi masakan ini, dan buktikan kepedasannya, apalagi ketika kamu memakannya bersama dengan nasi panas. Bisa jadi kamu bakal ketagihan atau malah kapok buat dateng lagi.

3. Sego Pecel

SGPC Bu Wiryo
diandidin.blogspot.co.id

Sego pecel atau kalau di Jogja biasa juga dikenal dengan SGPC juga menjadi khas di Jogja lho. Salah satu sego pecel yang terkenal adalah Sego Pecel Bu Wiryo. Letaknya ada di sekitar Kampus Universitas Gadjah Mada, tepatnya di utara Fakultas Peternakan UGM.

Sama halnya di beberapa kota lain, SGPC di Jogja juga berisi beraneka macam sayur. Ada bayam, kangkung, toge, kacang panjang, dan sayur lainnya, yang kemudian disiram bumbu pecel. Bumbu pecel sendiri terbuat dari kacang dan bumbu-bumbu lainnya yang bentuknya seperti saus kental.

Untuk menemani sego pecel, biasanya kamu akan diberikan pilihan akan menggunakan lauk apa. Ada berbagai macam lauk yang bisa kamu pilih, tahu, tempe, telor ceplok, kerupuk gendar, kerupuk aci, bakwan, dan lauk lainnya yang tentu memiliki rasa nggak kalah enaknya.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.