Wisata Kulon Progo Puncak Kleco

13 Wisata Kulon Progo yang Nggak Kalah dari Tempat Lainnya

Wisata Kulon Progo – Salah satu kabupaten di Kota Jogja yang memiliki banyak wisata alam menarik adalah Kulon Progo. Kabupaten ini terletak di bagian barat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Buat orang Jogja, mungkin sudah nggak asing lagi dengan beberapa tempat wisata di kabupaten ini. Tapi, karena cukup banyak, pasti belum semua tempat kamu dikunjungi.

Ada banyak banget tempat wisata yang menarik dan saat ini sedang menjadi perbincangan netizen di dunia maya. Salah satu yang paling rame sih Kalibiru. Tempat liburan yang terletak di perbukitan, sehingga memberikan pemandangan pepohonan hijau yang memukau.

Nah, buat kamu yang penasaran tempat wisata apa aja yang asik dikunjungi di Kulon Progo, berikut ini beberapa tempatnya.

1. Desa Wisata Kalibiru

Kalibiru
wisatajogjaaro.com

Kalibiru merupakan desa wisata yang saat ini sudah sangat terkenal. Desa wisata ini terletak di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Tempat ini bukan cuma asik buat melihat pemandangan Pegunungan Menoreh yang memesona saja, tetapi juga matahari terbenamnya oke punya.

Di Kalibiru, ada spot foto yang sempat viral dan ramai dibicarakan di sosial media. Sebuah papan kayu di atas pohon tinggi dengan latar belakang pemandangan hijau. Kamu bisa juga tuh mencoba mengabadikan momen liburan di Kalibiru dengan berfoto di spot ini.

Selain berfoto dengan pemandangan yang indah, di Kalibiru, kamu juga akan merasakan udara yang masih segar. Mungkin karena tempat wisata di Kulon Progo ini cukup jauh dari keramaian kota ya.

2. Waduk Sermo

Waduk Sermo Kulon Progo
pinterest.com

Kalau kamu bosen melihat gedung-gedung tinggi atau padatnya kendaraan bermotor di jalanan, coba main ke Waduk Sermo. Tempat ini cocok buat kamu yang mencari ketenangan, di sini hening dan menyejukkan. Sebuah waduk buatan yang dikelilingi oleh Pegunungan Menoreh.

Nggak cuma lihat air yang banyak aja, kamu juga bisa berkeliling waduk menggunakan perahu. Kalau takut tercebur ke dalam air, bisa juga berkeliling waduk sambil melemaskan otot dengan berjalan kaki.

Kalau pengen dapat pemandangan yang indah, coba deh main ke sini agak sore dikit. Pemandangan di kala senja Waduk Sermo itu indah banget. Romantis-romantis gimana gitu, bikin kita pengen senja terus nggak malem-malem deh.

3. Air Terjun Sidoharjo

Curug Sidoharjo
instagram.com – @asmasyarief

Buat yang suka mengunjungi air terjun, jangan khawatir, di Kulon Progo juga banyak kok tempat wisatanya. Salah satu air terjun terkenal di kabupaten ini adalah Air Terjun Sidoharjo. Curug yang satu ini masuk ke dalam wilayah Samigaluh.

Air terjun ini cukup unik, sebab hanya mengalir saat musim hujan saja. Ketika memasuki pertengahan musim jujan, air akan mengalir dengan deras. Air akan jatuh melalui tebing hijau yang tingginya mencapai 75 meter. Bahkan, Air Terjun Sidoharjo ini disebut-sebut sebagai curug tertinggi yang ada di Yogyakarta lho.

4. Pantai Glagah Kulon Progo

Pantai Glagah
wisataterindah.net

Setelah menikmati pemandangan Pegunungan Menoreh, sekarang saatnya melihat keindahan lautan. Kulon Progo punya Pantai Glagah yang letaknya ada di Kecamatan Temon. Pantai ini unik, berbeda dari pantai-pantai lain di Jogja. Keunikan pantai ini karena adanya beton-beton besar pemecah ombak.

Kamu bisa menikmati hembusan angin yang kencang di sekitar pemecah ombak. Tapi hati-hati ya, kalau ombak sedang besar, air bisa sampai ke atas. Kalau diabadikan dalam jepretan kamera tentu sangat menarik tuh. Selain itu, kamu juga bisa berjalan mengelilingi pantai atau naik kapal mengitari laguna.

5. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
camerawisata.com

Air Terjun Kedung Pedut terbilang unik lho, memiliki dua warna yang berbeda. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kesegarannya dengan berendam di bawah air terjun. Tapi jangan lupa bawa pakaian ganti yang kalau mau berendam di tempat ini.

Tempat wisata ini sejuka banget lho, melihat airnya bikin pengen nyebur deh. Apalagi pemandangan kolam alaminya dan air terjun yang jatuh itu indah. Airnya pun memiliki dua warna, bening dan toska, jadi kamu mandi di tempat yang unik. Wisata air terjun ini terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

6. Bukit Isis

Bukit Isis
duopetualangnekad.blogspot.com

Bukit Isis merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Matahari akan terbit di antara Pegunungan Menoreh, membuat pemandangan jadi lebih indah. Bukit ini dinamai isis karena di atas bukit ini anginnya bertiup sepoi-sepoi.

Bukit ini terletak di Desa Wisata Nglinggo, dikenal juga dengan Negeri di Atas Awan. Kalau kamu datang ke sini, berfoto saat pagi hari atau sore jadinya keren lho. Kalau nggak mau foto, menikmati pemandangan di sini juga bisa kok. Di Bukit Isis ada gardu pandang untuk memanjakan pengunjung menikmati pemandangan.

7. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo
titik0jogja.blogspot.com

Apakah kamu tahu kalau di Jogja juga ada kebun teh? Ternyata, Jogja memiliki daerah yang merupakan perkebunan teh, letaknya ada di Desa Wisata Nglinggo. Kamu dapat melihat hamparan tanaman teh yang sangat luas di ketinggian 900-1000 meter di atas permukaan laut.

Kamu bisa juga berkeliling kebun teh sambil menikmati suasana yang nyaman dan sejuk. Selain itu, kamu bisa juga berkemah di tempat ini sambil menikmati teh sangit. Tahu nggak teh sangit itu apa? Teh sangit adalah teh yang berbau asap karena disangrai secara tradisional. Teh ini menjadi minuman khas dari desa ini lho.

8. Puncak Gunung Kukusan

Puncak Gunung Kukusan
marikitadolan.wordpress.com

Kamu tentu tahu Pegunungan Menoreh, gugusan pegunungan yang menawarkan pemandangan yang indah. Melihat keindahan di pegunungan ini, tentu akan sangat sayang kalau tidak sekalian sampai ke puncak. Nah, kamu bisa tuh mendaki puncak Gunung Kukusan yang letaknya ada di Dusun Nglinggo, Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo.

Agar dapat sampai ke puncak, kamu perlu kendaraan yang cukup kuat buat nanjak. Setelah hampir sampai ke puncak, lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Mendaki sampai ke puncak kurang lebih 200 meter dari tempat kamu parkir motor.

Setelah sampai di puncak, kamu akan melihat indahnya pemandangan. Bukan cuma pemandangan di sekitar saja, tapi akan tampak juga Gunung Sindoro dan Sumbing. Bahkan Gunung Merapi dan Merbabu juga bisa terlihat dari Puncak Gunung Kukusan.

9. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
piknikdong.com

Mengunjungi tempat ini tentu akan membuat mata segar dan pikiran jadi refresh. Taman Sungai Mudal penuh dengan bermacam tanaman segar, salah satunya adalah anggrek endemik langka. Bisa kan terbayang kenyamanan pergi ke taman ini?

Selain menikmati keindahan tanamannya, kamu bisa juga bersantai di gazebo kecil di area tempat wisata ini. Kalau pengen yang seger-seger, bisa juga berenang di kedung atau mencoba canyoning. Atau, kalau masih belum puas juga seharian di tempat ini, kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di Taman Sungai Mudal.

10. Arung Jeram Kulon Progo

Arung Jeram Kulon Progo
sportourism.id

Buat pecinta olahraga yang memacu adrenalin, tentu tempat wisata ini bisa jadi pilihan. Kamu akan mengaruni Sungai Progo yang terletak di Dusun Kisik Kreo, Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Saat liburan ataupun hari biasa, tempat ini menjadi pilihan.

Bukan hanya menikmati kederasan arus dari Sungai Progi saja lho. Kamu akan melihat pemandangan indah sambil ber-arung jeram. Menyusuri sungai ini dengan kapal karet kira-kira membutuhkan waktu empat jam dengan jarak 25 km. Kamu bisa memilih paket yang disediakan oleh jasa dan tentu sudah dikelola secara profesional.

11. Pantai Congot

Pantai Congot
qemana.com

Walaupun daya tarik utama dari Kulon Progo bukan pada jajaran pantai indah seperti Gunung Kidul, tetapi ada beberapa pantai bagus yang sayang untuk dilewatkan lho. Salah satu pantai itu adalah Pantai Congot. Pantai ini terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo.

Kalau kamu habis dari Hutan Mangrove, pantai ini nggak jauh dari situ kok. Jaraknya hanya sekitar 15 menit saja jika jalanan lancar. Pantai ini bisa dibilang unik, hal ini karena pantai ini menyatu dengan hutan bakau. Selain itu, terdapat juga pohon cemara di sekitar pantai yang akan menambah keindahannya.

12. Hutan Pinus Kulon Progo

Hutan Pinus Kulonprogo
instagram.com – @faris.mukhtar

Di Kulon Progo, ternyata juga ada hutan pinusnya lho, bukan cuma Hutan Pinus di Bantul saja. Letak hutan pinus ini ada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Letak Hutan Pinus Kulon Progo ini nggak jauh kok dari pusat Kota Jogja.

Seperti hutan pinus pada umumnya, kamu bisa mengabadikan foto bersama teman atau keluarga. Tentu dengan suasana yang sejuk dan udaranya masih segar. Tempatnya pun tenang karena jauh dari perkotaan. Cocok banget buat menenangkan pikiran setelah satu pekan bekerja.

13. Puncak Kleco Samigaluh

Puncak Kleco Samigaluh
explorewisata.com

Kalau kamu pengen mengambil gambar pemandangan yang indah dengan bentang alam menawan, datang aja ke Puncak Kleco. Di tempat ini, kamu bisa melihat keindahan kawasan Samigaluh dengan perbukitan dan pemandangan pepohonannya. Tak heran jika Puncak Kleco menjadi salah satu spot wisata yang jadi incaran wisatawan.

Nggak perlu khawatir kalau mau ambil gambar di tempat ini. Soalnya, sudah ada gardu pandang yang dapat memudahkan pengunjung menikmati pemandangan. Kalau bisa, datangnya pas sore, pemandangan matahari tenggelamnya bagus banget. Udah gitu, udaranya itu sejuk dan nyaman, cocok buat tempat refreshing.

Kalau piknik ke kabupaten ini, jangan lupa cicipi juga makanan khas Kulon Progo yang enak-enak tentunya.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.