Tugu Jogja Menarik Wisatawan

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Jogja – Mengunjungi Kota Yogyakarta itu nggak cukup kalau cuma sehari atau dua hari. Kalau cuma sebentar, kamu nggak bisa menikmati betapa kota ini sangat menawan. Bukan cuma kotanya saja, tapi juga budaya, orang-orangnya, dan tentu sata tempat wisatanya.

Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di Jogja. Dari mulai wusata alam di utara Jogja, sampai pantai di bagian selatan. Di tengah kota juga ada banyak tempat wisatanya, mulai dari wisata sejarah sampai wisata edukasi. Semuanya lengkap di kota yang dijuluki kota budaya ini.

Buat kamu yang mau main ke Jogja tapi bingung pengen berwisata ke mana, berikut ini list-nya. Ada beberapa tempat yang sudah dirangkum oleh tim ningjogja.com biar kamu merasakan keindahan kota jogja.

1. Wisata Pantai di Jogja

Bermain ke pantai memang mengasyikkan, melihat pemandangan sambil menikmati angin dan suara deburan ombak. Kalau perlu bermain air sampai basah tapi tepat waspada dengan ombak yang datang.

Sebenarnya, di Jogja ada banyak sekali pantai yang bisa kamu kunjungi. Tapi, kalau disebutkan semua takut kepanjangan artikelnya, dipilihkan sedikit saja dari ketiga kabupaten yang ada di Jogja.

Pantai Glagah

Pantai Glagah
wisataterindah.net

Kita sekarang menuju ke pantai yang ada di kabupaten paling barat Jogja, Kulon Progo. Pantai yang satu ini berbeda dari pantai-pantai lain di Jogja. Kalau di pantai lain biasanya kamu akan melihat pasir pantai yang terbentang, di Pantai Glagah Kulon Progo kamu akan melihat beton-beton besar di pinggir pantai.

Beton-beton besar itu difungsikan sebagai pemecah ombah agar tidak terjadi abrasi air laut. Dengan adanya beton-beton besar tersebut menjadikan pantai ini terlihat indah. Kamu bisa berfoto ria sambil menunggu matahari terbenam.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Jogja
telusurindonesia.com

Pantai yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Salah satu pantai yang cukup terkenal dan menjadi destinasi wisata populer di Jogja.

Pantai Parangtritis Yogyakarta ini masuk wilayah Kabupaten Bantul. Pantainya indah, dengan pasir berwarna hitam dan pemandangan tebing tinggi di sisi timurnya. Belum lagi kalau matahari mulai terbenam, tampak indah bagai ditelan lautan. Nggak cuma itu saja, ada juga persewaan ATV atau berkuda sambil menyusuri pantai yang bisa kamu coba.

Pantai Baron

Pantai Baron Gunungkidul
sarangpenyamun.wordpress.com

Dari Bantul, kita beralih ke Gunungkidul, kabupaten yang menyimpan lebih dari lima puluh panti indah. Salah satunya adalah Pantai Baron, sebuah pantai dengan keunikan tersendiri.

Dimana keunikan pantai ini?

Pantai Baron memiliki sebuah spot, pertemuan antara air tawar dan air asin. Letaknya ada di sisi sebelah kanan atau barat pantai. Bukan cuma itu saja, ada banyak kapal nelayan yang diparkir di tepi pantai kalau sedang tidak melaut. Terdapat juga tebing batu di sisi timur pantai dan sebuah mercusuar yang berdiri kokoh.

Pantai Siung

Pantai Siung Gunungkidul
piknikkecebadai.blogspot.co.id

Masih di Gunungkidul, sekarang kita bergerak ke arah timur mendekati ujung. Kita akan menemukan sebuah pantai indah berpasir putih dengan tebing-tebing batu tinggi di sekitarnya.

Dengan pemandangan laut dan pantai yang indah, ternyata ada keunikan lain dari Pantai Siung. Kamu bisa melakukan olahraga ekstrem panjat tebing di pantai ini. Memanjatnya tentu saja di tebing-tebing sekitaran pantai. Ada ratusan jalur yang bisa dicoba, tentu semua ada tingkat kesulitannya masing-masing.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
travelerindonesiablog.wordpress.com

Seperti Pantai Siung yang menawan, Pantai Nglambor ini juga memiliki pemandangan indah juga lho. Kamu bisa melihat keindahannya dari atas bukit. Akan terlihat dua pulau kecil yang seolah melidungi pantai dari terjangan ombak yang besar.

Dengan adanya dua pulau tersebut, membuat Pantai Nglambor memiliki arus air yang tidak deras. Hal ini tentu saja membuat kita bisa ber-snorkeling ria tanpa khawatir.

2. Wisata Alam Jogja

Setelah senang bermain di pantai seharian, mending kamu istirahat dulu buat perjalanan selanjutnya esok hari. Ada wisata alam berupa pemandangan hijau dan gua di Jogja yang menunggu kedatanganmu.

Kaliurang

Pemandangan dari Kaliurang
donyituaku.blogspot.co.id

Enaknya Jogja itu, kamu bisa mengunjungi pantai dan gunung dalam satu hari. Setelah bermain air di pantai, langsung menuju Kaliurang untuk menikmati udara sejuk dan pemandangan hijau.

Lokasi Kaliurang ini berada di Utara Kota Jogja, tepatnya di Kabupaten Sleman. Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Merapi yang terkenal akan keaktifannya. Tapi tenang, kalau Gunung Merapi sedang tidak dalam keadaan mau meletus, kamu bisa berwisata di tempat ini dengan aman dan nyaman kok.

Kalibiru

Kalibiru
wisatajogjaaro.com

Dari bagian utara Jogja, kita akan menuju ke barat untuk mencari pemandangan hijau yang menawan lainnya. Dan, tempat pertama setelah Kaliurang adalah Kalibiru. Kalibiru ini berada di Kabupaten Kulon Progom tepatnya di Perbukitan Menoreh.

Pemandangan di Kalibiru ini sungguh indah, bentang alam dari Perbukitan Menoreh begitu menawan. Bukan cuma itu saja, kalau kamu datang saat matahari terbenam akan tampak cantik sekali. Datang pagi pun nggak ada salahnya, karena banyak spot foto yang akan memperlihatkan pemandangan hijau di sekitaran Kalibiru.

Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Kulon Progo
lujendraojha.net

Kalau kamu datang pagi-pagi ke Kalibiru, sempatkan untuk mampir di Hutan Mangrove Kulon Progo ketika akan pulang. Yah, walaupun mungkin tempatnya agak jauh atau bahkan kamu melewati rute yang berbeda, tapi nggak ada salahnya lho.

Eh, tapi Hutan Mangrove ini lebih deket dari Pantai Glagah. Tempatnya asik buat wisata sambil foto-foto buat upload di sosial media. Kamu akan menelusuri jembatan yang terbuat dari bambu di atas sungai di sekitar tanaman bakau. Ada juga area yang memang khusus disediakan untuk berfoto ria.

Hutan Pinus

Hutan Pinus Mangunan Imogiri Jogja
royalindowisata.com

Setelah melihat hutan mangrove yang penuh air, sekarang kita beranjak naik ke atas bukit untuk menikmati jajaran rindangnya hutan pinus.

Lokasinya nggak begitu jauh sih dari Kota Jogja, sekitar satu jam perjalanan sampai ke tempatnya. Itu kalau jalanannya lancar ya.

Begitu sampai di lokasi, kamu berasa memasuki hutan, ya emang ini masuk hutan sih. Ada barisan pohon pinus yang rindang sehingga bagian bawah menjadi teduh. Cocok banget buat dijadikan tempat piknik bareng keluarga nih. Ada banyak spot juga yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto.

Gua Jomblang

Gua Jomblang Gunungkidul
beatifulindonesia.com

Beranjak dari Bantul, kita akan menuju ke Gunungkidul, mengunjungi tempat yang super langka, gua vertikal. Ya, Gua Jomblang adalah sebuah gua yang mulut guanya ada di atas. Kita harus menggunakan tali yang biasa digunakan untuk panjat tebing untuk menuruninya.

Keindahan gua ini benar-benar luar biasa, apalagi saat siang hari, sinar matahari akan menerobos mulut gua dan memperlihatkan pemandangan menawan. Vegetasi di dalam hutan pun masih sangat terjaga, cocok buat kamu yang suka dengan biologi.

3. Wisata Jogja Terbaru

Walaupun sudah nggak baru lagi, tapi tempat wisata di bawah ini tetap menawarkan hal baru lho. Kalau istilah sekarang itu cocok banget buat foto-foto atau instagramable. Buat kamu yang senang foto-foto di tempat wisata, rekomendasi beberapa tempat ini wajib dikunjungi.

Puncak Kosakora

Puncak Kosakora Jogja
ngetripyuk.id

Buat kamu yang suka selfie di tempat yang baru, Puncak Kosakora ini cocok buat kamu. Pemandangan dari puncak ini sangat indah. Kamu bisa melihat indahnya pantai, dan perbukitan hijau. Kalau mau menunggu moment, coba deh tungguin waktu matahari mau terbit atau tenggelam.

Tebing Breksi

Tebing Breksi
jogjaempatroda.com

Akhir-akhir ini, Tebing Breksi menjadi salah satu tempat wisata yang lagi ngehits. Banyak anak muda yang plesiran ke tempat ini. Selain menikmati tebing-tebing putih yang megah, anak-anak muda yang datang ke sini juga memanfaatkan background tebing untuk berfoto.

4. Wisata Kuliner di Yogyakarta

Setelah lelah berwisata, tentu saja perut akan merasakan lapar. Nah, kalau sudah sampai di Jogja, tentu akan ada yang kurang kalau belum makan gudeg. Berikut ini ada tempat makan gudeg yang favorit bersama dengan kuliner khas Jogja lainnya.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum Paket Kendil
gudegyudjumpusat.com

Salah satu makanan khas Jogja adalah gudeg, dan gudeg yang satu ini cocok banget buat dijadiin oleh-oleh. Gudeg Yu Djum Jogja sudah ada dari dulu, mungkin sebelum kami lahir tuh.

Buat kamu yang penasaran, bisa langsung menuju ke daerah Karangasem, masih masuk daerah UGM. Atau, tepatnnya ada di utara Fakultas Kehutanan UGM. Kalau kamu ada di daerah dekat Alun-alun Utara, bisa mampir aja ke Wijilan. Nah, buat kamu yang dekat dengan bandara, di daerah situ juga ada lho gerai Gudeg Yu Djum ini.

Gudeg Pawon

Sepiring Gudeg Pawon
panduanwisatajogja.com

Berbeda dengan Gudeg Yu Djum yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh, Gudeg Pawon ini paling enak makan di tempat. Tapi jangan kaget kalau dateng ke sini ya, telat dateng sebentar saja, antrian udah panjang lho, padahal warung ini bukanya malam hari.

Keunikan dari Gudeg Pawon adalah kita harus mengantri untuk dapat masuk ke dapur dan memilih menu. Bukan cuma itu saja uniknya, warung gudeg ini juga cuma buka selama 3 jam saja. Pasti kelezatannya sudah teruji nih, udah banyak juga tokoh dan artis yang makan di tempat ini.

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Oseng-oseng Mercon Bu Narti
piknikdong.com

Siapa bilang orang Jogja cuma suka makanan manis aja? Ini nih buktinya, salah satu kuliner Jogja yang rasanya super pedas. Oseng-oseng mercon merupakan makanan pedas dengan bahan utama berupa kikil, gajih, kulit, dan tulang muda. Makannya bersama dengan nasi hangat, joss banget pokoknya, pedesnya nendang.

Oseng-oseng mercon paling enak dimakan langsung di warunnya. Soalnya, kalau kamu pesan dan di bawa pulang, oseng-oseng merconnya akan jadi beku. Tapi masih enak kok, sebelum makan diangetin dulu.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
@jogjaculinary – instagram.com

Ngomongin kuliner legendaris, Mangut Lele Mbah Marto ini harus masuk ke dalam daftar. Kenapa harus masuk? Karena, dengan tempat yang lumayan masuk ke dalam kampung, tapi tempat ini tetap ramai. Bahkan sudah banyak juga tokoh dan artis yang makan di sini.

Mirip dengan Gudeg Pawon, untuk memesan mangut lele dan menu lainnya kita harus masuk ke dalam dapur terlebih dahulu. Menunya pun ada banyak, bukan cuma magut lele saja lho, kamu bisa pilih ayam, sayur, dan lauk lainnya. Kalau pilih mangut lele, ingat ya, rasanya nendang, pedes banget.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong
goodindonesianfood.com

Bukan cuma Madura aja yang punya sate khas lho, Jogja juga ada, namanya Sate Klathak. Berbeda dari sate kambing pada umumnya, sate klathak dimasak menggunakan besi yang terbuat dari jeruji sepeda. Bumbunya pun minimalis, hanya menggunakan garam saja lho.

Salah satu tempat makan sate klathak yang paling terkenal di Jogja adalah Sate Klathak Pak Pong. Tempat ini sudah sangat terkenal, rasanya juga sudah terbukti dengan banyaknya pangunjung yang datang.

5. Tempat Wisata Bersejarah Jogja

Setelah selesai makan dan cukup mengisi tenaga, sekarang kita akan kembali ke masa lalu. Caranya? Tentu saja dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jogja.

Keraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta Pagelaran
wikipedia.org

Salah satu tempat bersejarah yang terkenal di Jogja adalah Keraton Yogyakarta. Istana yang sekaligus difungsikan untuk tempat tinggal sultan. Saat ini, Keraton Yogyakarta masih difungsikan untuk berbagai kegiatan keraton. Tapi, kita bisa masuk dan melihat berbagai peninggalan yang ada di sini.

Begitu kamu masuk, biasanya akan ada pemandu yang menjelaskan tentang benda bersejarah di dalam keraton. Jadi, selain berwisata, kamu akan menambah pengetahuan tentang Jogja di zaman dahulu.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
vredeburg.id

Setelah dari Keraton Jogja, kamu bisa jalan ke utara menuju Benteng Vredeburg. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan dari zaman Belanda.

Kalau dulunya tempat ini difungsikan sebagai benteng, sekarang fungsinya berubah menjadi museum. Di dalam Benteng Vredeburg kamu dapat menemukan berbagai peninggalan sejarah dari zaman Belanda. Selain itu ada juga karya seni, patung, dan bangunan yang juga dari zaman penjajahan dulu.

Taman Sari

Taman Sari
wikipedia.org

Tempat bersejarah lainnya di Jogja adalah Taman Sari, sebuah tempat yang dulunya adalah istana. Istana ini dibangun di sebuah mata air yang letaknya tidak jauh dari keraton. Dahulu, di sekitar Taman Sari terdapat banyak tanaman bunga sehingga akan tercium semerbak wanginya.

Tapi, saat ini kamu sudah tidak bisa menemukan banyak tanaman bunga di sekitar Taman Sari. Yang tersisa adalah sebuah bangunan dengan beberapa kolam di dalamnya. Konon, kolam-kolam tersebut dulunya digunakan untuk pemandian raja dan keluarganya.

6. Pemandian Air Panas di Jogja

Buat kamu yang udah kelelahan dan pengen merasakan kesegaran setelah berkeliling seharian. Cobain deh mandi air panas, siapa tau pegel-pegel di badan jadi hilang.

Parang Wedang

Parang Wedang
anishidayah.com

Buat kamu yang masih berada di daerah Parangtritis, coba deh mampir ke Parang Wedang. Sebuah tempat pemandian air panas yang akan memanjakan tubuhmu. Tempat ini, walaupun ada di dataran yang rendah, tapi ternyata memiliki mata air panas. Padahal kan, biasanya air panas itu adanya di dataran tinggi.

Buat sampai ke tempat ini, aksesnya gampang kok, nggak jauh dari pos retribusi menuju ke Parangtritis. Setelah melewati pos retribusi, di kiri jalan posisinya. Jangan ngebut-ngebut, soalnya tanda Parang Wedang nggak begitu kelihatan.

7. Desa Wisata yang Ada di Jogja

Kalau kamu mungkin udah berkunjung ke semua tempat di atas, cobain deh pergi ke desa wisata yang ada di Jogja. Selain kamu berwisata dan menikmati suasana yang asri, ada berbagai pengalaman lain yang bisa kamu rasakan.

Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari
merahputih.com

Kalau kamu pengen berwisata yang nggak biasa, bisa langsung datang ke ini, Desa Wisata Pulesari.

Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari
vemine.com

Desa Wisata Ketingan

Desa Wisata Ketingan
njogja.co.id

Desa Wisata Blue Lagoon

Desa Wisata Blue Lagoon
gudeg.net

Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan
gobloognya.blogspot.co.id

8. Wisata Malam Jogja

Pergi berwisata pagi hari, terus malamnya tidur di hotel itu sangat disayangkan. Mendingan kita berwisata lagi ke tempat yang menawarkan spot wisata makan keren.

Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja
visitingjogja.com

Namanya Bukit Bintang, tapi bukan berarti tempat ini adalah sebuah bukit yang banyak bintangnya ya. Bukit Bintang adalah sebuah tempat yang memiliki pemandangan Kota Jogja yang indah saat malam hari. Kamu bisa melihat gemerlap lampu kota dari atas bukit yang tinggi.

Bukit Bintang ada di bagian timur Jogja, namanya bukit, tentu saja tempatnya berada di daerah yang tinggi. Akses menuju ke tempat ini gampang kok, cukup berkendara menuju ke arah Wonosari saja.

Alun-Alun Kidul

Alun-alun Kidul Jogja
spotunik.com

Kalau dari Bukit Bintang kita bisa melihat cahaya lampu Kota Jogja, di Alun-alun Kidul, kita akan melihat lampu dari becak-becak unik. Cocok banget buat berwisata malam di tempat ini.

Jika kamu mau naik becak berbentuk mobil ini, tentu harus merogoh kantong dulu ya. Sesekali nggak apa-apalah, buat pengalaman, mumpung udah sampai Jogja.

9. Wisata Gratis yang Ada di Jogja

Sebenarnya, beberapa tempat wisata di atas ada juga yang gratis, tanpa perlu bayar. Paling kita cuma bayar parkir buat kendaraan yang dibawa aja. Nah, di bawah ini juga ada beberapa tempat yang gratis juga lho.

Malioboro

Malioboro
spotunik.com

Siapa sih yang nggak kenal sama jalan ini? Salah satu jalan di Jogja yang sangat terkenal. Bahkan, tempat ini menjadi tujuan wisata utama di Jogja.

Saat ini, Malioboro sedang berbenah lho, trotoar yang digunakan untuk pejalan kaki disulap menjadi tempat nongkrong asyik. Ada banyak kursi untuk beristirahat setelah menelusuri Malioboro. Jalanan ini juga dihiasi beberapa patung besar yang bisa kamu ajak selfie.

Nol Kilometer

Nol Kilometer Jogja
traveldas.blogspot.co.id

Dari Malioboro, kita akan ke selatan sedikit untuk menuju Nol Kilometer. Di tempat ini, kamu bisa melihat bangunan tua Kantor POS Besar Jogja, atau melihat Monumen Serangan Umum 1 Maret. Atau bisa juga menuju ke Benteng Vredeburg lho, soalnya deket banget dari Nol Kilometer tempatnya.

Nol Kilometer ini tempatnya asik buat nongkrong lho. Ada banyak tempat duduk yang bisa kamu manfaatkan. Kalau lapar, tenang, banyak pedagang yang menawarkan dagangannya juga kok. Malahan ada orang yang pakai kostum gitu, jadi kamu bisa berfoto bersama karakter-karakter unik.s

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.