Cenil

4 Makanan Khas Kulon Progo

Makanan Khas Kulon Progo – Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia dengan banyak keindahan dan kenagan di dalamnya. Kamu akan menemukan berbagai macam tempat wisata, kebudayaan, dan tentu saja kuliner.

Kalau berwisata ke Jogja, biasanya para wisatawan akan mencari tempat wisata sekaligus makanan khas yang ada di sana. Nah, ngomongin soal makanan, biasanya, kalau pergi ke Jogja, kebanyakan orang kalau nggak mencari gudeg ya bakpia. Jarang yang mencari makanan khas lain dari beberapa kabupaten yang ada di Jogja.

Padahal, dari 4 kabupaten dan 1 kodya di Yogyakarta, kamu bisa menemukan makanan enak lainnya lho. Contohnya saja di Kabupaten Kulon Progo. Kabupaten di barat kota Jogja ini memiliki makanan yang mungkin jarang kamu dengar namanya, tapi rasanya enak lho.

Langsung aja kita simak bersama, beberapa makanan yang menjadi khas Kabuparen Kulon Progo.

1. Geblek Kulon Progo

Geblek makanan khas kulon progo
jogja.co

Mungkin kamu aneh mendengar nama makanan yang satu ini, tapi memang begitulah menyebutnya, salah satu makanan yang paling khas dari Kulon Progo.

Geblek merupakan makanan yang terbuat dari singkong, dengan bentuk lingkaran yang dirantai menjadi tiga sampai empat buah. Warna makanan ini adalah putih dengan tekstur yang kenyal membuat geblek menjadi kudapan unik untuk dinikmati. Kamu bisa menikmati geblek menggunakan saus atau sambal, atau bisa juga dimakan bersama tempe benguk.

2. Tempe Benguk Santen

Tempe benguk santen
lungo.id

Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang biasanya terbuat dari kedelai. Tapi, di beberapa daerah di Indonesia, ada tempe yang terbuat dari bahan lain, salah satunya adalah tempe benguk. Di Kulon Progo, tempe benguk akan dimasak bersama dengan santen kental.

Makanan ini menjadi salah satu favorit di Kabupaten Kulon Progo lho. Memiliki rasa yang gurih dan enak, cocok sebagai lauk atau dimakan secara langsung. Benguk santen ini juga bisa kamu nikmati bersama dengan geblek.

3. Growol

Growol makanan khas kulon progo
jpswisata.com

Makanan yang satu ini tidak seterkenal teman-temannya, tetapi ada banyak penyukanya lho. Growol terbuat dari singkon, dengan bau yang khas dan cukup menyengat. Baunya seperti ketela busuk, sehingga, untuk orang awam, belum mencicipinya sudah merasa jijik duluan.

Tapi, setelah kamu mencicipinya, mungkin akan berubah menjadi ketagihan. Growol memiliki rasa yang gurih, apalagi ditambahkan parutan kelapa yang tentu akan menambah kelezatannya. Kalau kamu pengen mencoba growol, coba deh cari di pasar tradisional.

4. Cenil

Cenil
menumantab.blogspot.co.id

Cenil sebenarnya bisa kamu jumpai juga di daerah lain. Bahkan ada penjual makanan ini yang menjajakan dagangannya dengan keliling. Kalau kamu pengen merasakan makanan kenyal ini, coba saja cari ke pasar tradisional.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.