Pantai Baron

8 Tempat Wisata Populer di Gunungkidul Yogyakarta, yang Bikin Kamu Pengen Ke Sana

Gunungkidul Yogyakarta merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki beragam destinasi wisata yang indah, mulai dari pantai, gua, karang, gunung, hingga keindahan alam lainnya. Gunungkidul didominasi dengan pegunungan kapur (karst) yang membentang hingga pantai selatan Jawa.

Gunungkidul terbagi 3 zona yaitu zona selatan yaitu terdapat perbukitan dan pantai yang indah, zona tengah dengan disuguhkan beragam air terjun yang menakjubkan, dan zona utara Anda disini akan menemukan aneka ragam gua yang memberikan sensasi untuk ingin berpetualang.

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta

1. Pantai Baron

Keindahan Pantai Baron
jejakmerlin.blogspot.com

Pantai Baron berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Akses ke sana kamu harus menempuh sekitar 40 km dari kota Yogyakarta, dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Baron akan memanjakan mata kamu dengan panorama pantai selatan yang menakjubkan, dan juga disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan kapal nelayan yang berjejer di tepi pantai.

Pantai Baron juga terkenal dengan kuliner baharinya, yaitu masakan sop kakap. Kamu bisa menikmati keindahan pantai ditemani dengan masakan-masakan laut khas Pantai Baron. Di pantai ini juga terdapat muara sungai yang mempertemukan air tawar dan air laut, letaknya di sebelah kanan pantai.

2. Pantai Siung

Pantai Siung Gunungkidul
piknikkecebadai.blogspot.co.id

Lokasi Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Rute untuk sampai ke Pantai Siung dengan kendaraan pribadi yaitu dengan jalur Yogyakarta – Wonosari – Tepus – Purwodadi – Siung.

Pantai Siung terkenal dengan batu karangnya yang berukuran raksasa sehingga menjadi pesona keindahan tersendiri di pantai ini.

Pantai Siung juga kini menjadi tempat wisata panjat tebing cukup terkenal, pada tahun 2005 Pantai Siung menjadi lokasi Asean Climbing Gathering 2005 yang diikuti 6 negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Perancis, dan Jerman.

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja
penabiru.com

Lokasi Pantai Indrayanti yaitu terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Indrayanti berada di sebelah timur Pantai Sundak, hanya dengan dibatasi bukit karang.

Nama Pantai Indrayanti diambil dari nama pemilik restoran yang ada di kawasan pantai. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri, pesona pasir putih yang membentang disertai dengan perbukitan batu karang menemani liburan manja Anda.

Wisata Air Terjun Gunung Kidul

1. Air Terjun Gua Seropan

Air Terjun Gua Seropan terletak di Desa Semuluh, Kecamatan Semaun, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air Terjun Gua Seropan merupakan air terjun yang berada di dalam Goa, memiliki keindahan yang menakjubkan. Tingginya air terjun ini sekitar 7 meter.

2. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Jogja
infowisatajogjaku.blogspot.com

Air terjun Sri Gethuk berlokasi di Desa Bleberan Kec. Playen, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini diapit oleh tebing dengan ketinggian 50 meter, air terjun ini berada di kawasan Slempert atau daerah bertopografi perbukitan.

Wisata Gua Gunung Kidul

1. Gua Gelatik

Lokasi Gua Gelatik yaitu di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua Gelatik memiliki keindahan tersendiri, gua ini tidak memiliki sungai di bawah tanah sehingga pengunjung dapat leluasa untuk berpetualang menyusuri gua.

2. Gua Jomblang

Gua Jomblang Gunungkidul
beatifulindonesia.com

Gua Jomblang terletak di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Gua ini memiliki mulut gua vertikal, sehingga perlu keahlian Single Rope Technique ( SRT ) untuk dapat memasuki gua ini. Kelengkapan peralatan SRT merupakan kunci keselamatan untuk memasuki gua ini.

Kalau kamu pengen masuk ke dalam Gua Jomblang, terlebih dahulu kamu harus memakai perlengkapan untuk turun. Karena, memasuki gua ini, kamu harus turun dari mulut gua yang berada di atas.

3. Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Gua Kalisuci Yogyakarta
panduanwisatajogja.com

Cave Tubing Kalisuci terletak di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. Untuk sampai ke sana dari Kota Yogyakarta berjarak sekitar 40 KM.

Cave tubing menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan untuk berpetualang, seperti arung terjam. Arus air akan membawa kamu memasuki Gua Kalisuci, sensasi menegangkan akan Anda rasakan ketika turun menuju sungai bawah tanah.

Gimana? Keren-keren kan tempat wisata yang ada di Gunungkidul Yogyakarta? Buruan bikin jadwal, terus siap-siap deh liburan ke Jogja 🙂

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.