Pantai Kukup

Yuk ke Pantai Kukup Gunungkidul! Nikmati Keindahannya

Pantai Kukup Gunungkidul – Hamparan pasir putih yang membentang, disajikan pula pemandangan karang-karang yang berdiri kokoh merupakan keelokan tersendiri saat menikmati keindahan pantai ini.

Pantai Kukup Gunungkidul, pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta.

Pantai Kukup termasuk pantai yang populer di Gunungkidul, untuk sampai ke tempat tujuan ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Yogyakarta dengan mengendarai kendaraan. Akses menuju pantai pun lancar dan terawat, sehingga wisatawan bisa dengan cepat untuk sampai ke pantai.

Pantai Kukup Gunungkidul menyajikan berbagai pesona keindahan alam mulai dari terumbu karang sampai gua karang. Di sini terdapat gardu pandang cobalah kamu ke gardu pandang yang disediakan disana untuk melihat keindahan pesona Pantai Kukup dari atas.

Apa saja sih yang ada di Pantai Kukup Gunungkidul?

Terumbu Karang Pantai Kukup Gunungkidul

Terumbu Karang Pantai Kukup
spekology.com

Pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang luas ini, mempunyai daerah laut dangkal juga tenang dengan jarak sekitar 100 m dari bibir pantai. Daerah dangkal ini memiliki keindahan terumbu karang dilengkapi dengan beragam biota laut seperti macam-macam ikan hias, bintang laut, ubur-ubur, dan biota lainnya bisa terlihat dengan jelas.

Daerah laut dangkal ini menjadi tempat pavorit wisatawan, seperti bermain menangkap ikan dengan jaring kecil, ataupun mengumpulkan kerang-kerang. Namun, wisatawan juga harus berhati-hati ada beberapa biota laut yang berbahaya jika terinjak ataupun dipegang seperti landak laut, karena jika terinjak akan menyebabkan infeksi.

Pulau Karang (Pulau Jumino)

Pulau Jumino
matajatim.com

Di Pantai Kukup Gunungkidul ada sebuah pulau karang yang diberi nama Pulau Jumino, yang letaknya di sebelah timur Pantai Kukup. Untuk sampai ke sana, wisatawan melewati jembatan penghubung antara pesisir pantai dan pulau karang.

Pulau ini juga difasilitasi gardu pandang, khusus untuk wisatawan yang ingin melihat pemandangan laut dari ketinggian. Seperti pemandangan matahari terbenam bisa terlihat dengan jelas di pulau karang ini.

Bagi yang hobi foto di pulau karang sangat cocok sekali untuk pengambilan gambar dari atas, kamu bisa mengambil gambar-gambar pemandangan yang ada di Pantai Kukup.

Gua Karang

Di pantai kukup terdapat gua karang yang lokasinya di tebing sebelah barat pantai. Di sini kita bisa melihat biota laut di beberapa gua karang yang tergenangi air laut. Wisatawan seringkali memanfaatkan gua karang tersebut sebagai tempat berteduh.

Wisata Mancing

Selain dengan jaring kecil untuk menangkap ikan hias, biasanya wisatawan menggunakan pancingan. Banyak sekali wisatawan menghabiskan waktu untuk memancing, biasanya mereka memancing ikan air laut, bintang laut dan juga belut laut. Untuk peralatan mancing kamu bisa membelinya, di penjual alat pancing maupun jaring di dekat pantai.

Tradisi Labuhan

Pantai Kukup dikenal juga sebagai salah satu pantai yang menggelar tradisi labuhan atau sedekah laut. Tradisi ini dilakukan serentak di tiga pantai yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Drini.

Biasanya penduduk menggelar tradisi ini di bulan sura. Di Pantai Kukup tradisi ini diadakan meriah yaitu sebanyak sembilan gunungan yang dilarung kelaut.

Fasilitas Apa Saja Sih Ada Di Pantai Kukup?

Fasilitas yang terdapat di Pantai Kukup sudah cukup lengkap seperti tempat parkir, mushola, penginapan, warung makan, MCK, sampai penjual oleh-oleh khas Pantai Kukup pun ada. Seperti penjual ikan hias dan terumbu karang yang bisa kamu temui sepanjang pantai.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.