11 Negeri di Atas Awan yang Memukau dan Mengagumkan

Negeri di Atas Awan Jogja – Yogyakarta merupakan sebuah kota yang menyimpan banyak keindahan. Lalu, apa yang terpikir olehmu ketika mendengar nama Jogja? Kota pelajar kah? Atau kota budaya? Ya, semuanya benar, tapi, kalau kamu seorang traveler, mungkin yang akan terbayangkan adalah wisata pantainya.

Memang benar, di Jogja ada banyak sekali pantai indah nan eksotis yang menawarkan pemandangan luar biasa. Nggak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri buat menikmati pantai pasir putih. Di Jogja ada banyak banget, tinggal pilih mau berkunjung ke pantai yang mana.

Kalau kamu telusuri satu-satu, seharian nggak bakal bisa tuh buat ngedatengin semua pantainya. Bayangin aja, di Jogja, khususnya Kabupaten Gunungkidul, ada lebih dari 50 pantai. Bisa ngunjungin 5 pantai dalam sehari saja udah capek banget tuh pastinya.

Tapi, sekarang Jogja nggak cuma terkenal pantainya aja, ada wisata baru, Negeri di Atas Awan. Tempat, di mana kamu bisa menikmati pemandangan hijau yang luas, dengan kabut putih menyelimuti sekeliling.

Tempat wisata ini cocok banget buat didatengin bareng keluarga, atau teman-teman. Kamu bisa menjadikan tempat-tempat ini sebagai spot foto yang keren. Mau tau di mana saja negeri di atas awan ini berada? Langsung aja kita simak beberapa tempat menarik tersebut.

1. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo
pegipegi.com

Kalau mau berasa seperti di atas awan, tentu kita harus berada di puncak. Salah satu puncak yang menawarkan pemandangan tersebut adalah Puncak Suroloyo. Puncak ini berada di kabupaten paling barat Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo.

Di tempat ini, kamu akan dapat melihat dua fenomena sekaligus, yaitu matahari tebit dan matahari terbenam. Tapi, tentu saja nggak dalam waktu yang bersamaan lho ya. Kalau mau menikmati matahari terbit, ya datengnya pagi-pagi banget, bisa dateng sambil sholat subuh di tempat ini. Kalau nggak, ya dateng habis ashar, sambil nungguin matahari terbenam.

2. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
panduanwisata.id

Tempat yang sekarang baru jadi wisata yang paling hits adalah Kebun Buah Mangunan. Kebun buah ini terkenal banget dengan sebutan negeri di atas awan. Kamu bisa langsung dateng ke tempat ini dari Kota Jogja, letaknya ada di daerah pegunungan bernama Dlingo.

Kamu akan disuguhi pemandangan panorama alam yang indah dan hawa sejuk. Jika waktunya tepat, kamu dapat melihat kabut putih menyelimuti daerah sekitar perbukitan. Pemandangan kayak gitu tuh yang paling dicari kalau mengunjungi tempat ini.

Lokasi dari Kebun Buah Mangunan tepatnya berada di Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan
explorewisata.com

Tempat selanjutnya adalah Jurang Tembelan Kanigoro, menyajikan pemandangan yang sama indahnya dengan yang lain. Objek wisata ini akan menyajikan pemandangan alam yang indah dan kamu dapat menikmatinya dari ketinggian. Walaupun masih terbilang baru, tapi tempat ini sudah cepat menyebar, terutama lewat media sosial Instagram.

Lokasinya berada di dekat dengan Kebun Buah Mangunan, tepatnya di Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Puncak Panguk Kediwung

Puncak Panguk
ringgarentcar.com

Lagi-lagi tempat wisata dekat dengan Kebun Buah Mangunan, namanya Puncak Panguk Kediwung. Hampir sama dengan Jurang Tembelan Kanigoro, tempat ini juga tergolong masih sangat baru, kira-kira umurnya baru 2 tahunan. Puncak Panguk Kediwung dibuka secara resmi tahun 2016, masih sangat muda.

Lokasi Puncak Panguk Kediwung ada di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Bukit Ngisis Nglinggo

Bukit Ngisis
duopetualangnekad.blogspot.co.id

Selanjutnya, kita akan menikmati pemandangan negeri di atas awan dengan udara yang sejuk. Hawa khas pegunungan akan terasa karea berada di dataran tinggi. Kamu akan memandangi bentang alam indah Pegunungan Menoreh dan latar belakangnya berupa Gunung Merapi yang terlihat dari kejauhan.

Lokasi Bukit Ngisis ada di Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Gardu Pandang Pinus Asri

Gardu Pandang Pinus Asri
parapejalan.id

Negeri di atas awan selanjutnya adlaah Gardu Pandang Pinus Asri, letaknya ada di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem. Gardu pandang yang ada di kawasan hutan pinus ini tentu saja menjadi pelengkap wisata. Kamu bisa berfoto dengan pemandangan hutan pinus yang hijau dan dataran rendah yang terselimuti kabut.

Lokasi Gardu Pandang Pinus Asri berada di Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

7. Puncak 4G

Puncak 4G
instajogja.com

Kenapa tempat wisata ini dinamai Puncak 4G? Penamaan itu diambil dari nama dan tempat objek wisata ini berada, Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul. Mungkin, karena terlalu panjang dan kurang gampang diingat, akhirnya namanya diubah menjadi Puncak 4G, selain lebih mudah diingat, juga untuk bahan marketing.

Kalau kamu mau mengunjungi tempat ini, rutenya cukup mudah kok, waktu tempuhnya pun nggak lama, sekitar satu jam dari Kota Jogja.

Lokasi Puncak 4G ada di daerah Ngalang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta .

8. Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo
explorewisata.com

Mirip seperti Bukit Panguk, kamu juga bisa menikmati nuansa senja saat matahari tenggelam di Bukit Mojo. Di bukit ini terdapat juga gardu pandang yang bisa kamu gunakan untuk menikmati pemandangan. Cocok banget nih tempatnya buat foto-foto sambil upload di sosial media.

Lokasi Bukit Mojo ini ada di Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Bukit Kali Kuning

Kali Kuning
viewjogja.com

Sekarang kita beralih ke utara Jogja yuk, tepatnya di Bukit Kali Kuning. Tempatnya ada di sekitar lereng Gunung Merapi dan pemandangannya sangat indah buat dilihat. Kamu bisa melihat langsung Gunung Merapi tanpa penghalang kecuali awan-awan yang ada di sekitar gunung.

Selain sebagai tempat wisata, kamu juga bisa menggunakan bukit ini untuk kegiatan seperti outbond, camping, atau jelajah alam.

Lokasi Bukit Kali Kuning berada di Cangkringan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur
twitter.com

Selanjutnya, kita akan menikmati pemandangan alam untuk menikmati matahari terbit ataupun tenggelam di Tebing Watu Mabur. Kamu bisa mengajak keluarga ataupun teman-teman ke tempat yang indah ini.

Lokasinya ada di Mangunan RT 28, Lemahbang, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

11. Bukit Cendana

Bukit Cendana Jogja
ngadem.com

Kalau bukit yang satu ini, pemandangannya berupa Waduk Sermo dan bentang alam hijau. Kamu bisa berfoto di gardu pandang di tempat ini, mirip-mirip yang ada di Kalibiru. Kalau kamu mengunjungi tempat ini, hawanya sejuk khas pegunungan.

Lokasi Bukit Cendana tepatnya berada di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta .

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.