Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari, Jelajah Alam di Sleman Yogyakarta

Desa Wisata Pulesari – Salah satu destinasi wisata yang ditawarkan di Kota Jogja adalah desa wisata. Pilihan tempat piknik yang satu ini menawarkan banyak sekali hal baru yang bisa kamu dapatkan.

Dari sekian banyak desa wisata yang ada di Jogja, ada satu desa yang perlu kamu masukkan daftar dalam kunjunganmu. Tempat yang menawarkan pemandangan sawah yang indah, kehidupan nyaman di desa, sungai yang bersih, dan berbagai keasyikan lainnya.

Nama desa tersebut adalah Desa Wisata Pulesari.

Letak Desa Wisata Pulesari

Desa yang dijadikan sebagai objek wisata ini terletak di Dusun Pulesari, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Lokasinya berbatasan dengan Dusun Ledok Lempong di bagian utara, Arjosar di sebelah timur, Dusun Kopen di selatan, dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Bangunkerto, Dusun Wonosari.

Desa Wisata Pulesari

Desa wisata yang berada di Desa Wonokerto ini memiliki luas 2,5 Ha. Dengan daerah yang cukup luas tersebut, desa ini memiliki wilayah pertanian, ladang, perkebunan, industri, pemukiman, perdagangan, jasa, dan juga hutan rakyat.

Jika dilihat dari topografinya, desa wisata ini berada di kaki Gunung Merapi yang ketinggian tempatnya 400 sampai 900 meter dari permukaan laut. Kondisi tanah di sini juga subur dengan tanah berpasir dan berbatu cadas.

Keindahan Desa Wisata Pulesari

Dusun Pulesari merupakan daerah pertanian, memiliki sekitar 26 mata air yang mengalir ke Sungai Krasak, Sungai Besog, dan juga untuk irigasi sawah-sawah warga.

Selain itu, terdapat juga kebun-kebun salak pondoh yang hampir merata di tiap daerah. Pemandangan Gunung Merapi juga nampak indah dan begitu dekat. Bukan cuma itu saja, masyarakat di sini juga ramah-ramah.

Daya tarik lain dari desa ini adalah komitmen masyarakatnya yang akan menciptakan desa aman, tentram, nyaman, dinamis, dan indah. Semua itu diwujudkan dengan memanfaatkan potensi desa yang ada. Sehingga terbentuklah sebuah desa wisata yang diprakarsai oleh bapak Sarjana beserta tim.

Tradisi dan Budaya

Seni di Desa Wisata Pulesari
ririekhayan.com

Kalau kamu berkunjung ke Desa Wisata Pulesari di saat-saat tertentu, mungkin kamu bisa melihat sebuah upacara adat. Ya, karena di kawasan desa ini, penduduknya masih mengerjakan tradisi dan juga menjaga budayanya.

Ada beberapa agenda rutin yang biasanya dilaksanakan, misalnya acara tahunan seperti Upacara Adat Pager Bumi yang dilaksanakan ketika bulan Safar Rabu Pungkasan. Atau, kamu juga bisa menikmati kesenian lokal seperti tari salak, kubro siswo, karawitan, dan jathilan.

Fasilitas Desa Wisata Pulesari

Outbond di Dewi Pule
desawisatapulesari.wordpress.com

Ada beberapa hal unik yang ada di desa wisata ini, mulai dari makanan khas yang ada di sana, sistem sosialnya, dan sistem pertanian. Bukan cuma itu aja, ada berbagai sarana lain dan tempat bermain menjadikan tempat ini lebih lengkap lagi.

Di desa ini ada sungai yang jernih berjarak 200-300 meter, terpisah jalan dan kebun salak. Sungai itu bisa digunakan untuk tempat outbond, fun fame, ataupun trekking. Kamu juga bisa wisata petik salak dan mengunjungi tempat produksi olahan salak.

Ada beberapa olahan salak yang bisa kamu lihat di tempat ini, mulai dari bakpia, dodol, enting-enting, wingko, nastar, kerupuk, bakwan, madumongso, oseng-oseng, sambal, kolak, dan nogosari salak.

Paket Wisata

Kalau mengunjungi desa ini untuk outbond atau acara komunitas, kamu bisa memilih beberapa paket yang ada.

One Response

  1. Avatar for Ademin Sigit Bagaskara March 14, 2019 Send a Reply

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.