Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan Imogiri, Pemandangan Negeri Para Bidadari

Taman Buah Mangunan – Liburan di Jogja itu nggak ada habisnya lho. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di kota pelajar ini. Mulai dari wisata budaya seperti di Kraton Yogyakarta, wisata edukasi di Taman Pintar, wisata sejarah di Benteng Vedeburg, atau wisata alam yang luar biasa banyaknya.

Kalau kamu ke Gunungkidul, akan banyak ditemui pantai-pantai indah yang memesona. Di Sleman kamu akan mendapatkan pemandangan pegunungan dan persawahan. Ketika ke Kulon Progo, ada hamparan Perbukitan Menoreh yang menawan. Saat tiba di Bantul, ada beberapa wisata alam dengan pemandangan pepohonan hijaunya.

Ngomongin wisata yang ada di Bantul, ada satu tempat yang memiliki pemandangan indah yang jarang-jarang kamu saksikan lho. Coba deh kamu berkunjung ke Kebun Buah Mangunan yang ada di Imogiri, Bantul. Atau tepatnya ada di Kecamatan Dlingo, Bantul.

Menuju ke Kebun Buah Mangunan Imogiri

Pemandangan Kebun Buah Mangunan
eibidiei.wordpress.com

Untuk menuju ke tempat ini tidaklah memerlukan waktu yang lama kok. Kalau jalanan lancar, perjalanan ke kebun buah ini hanya membutuhkan waktu selama satu jam dari Kota Jogja.

Jalanannya pun cukup mudah dilalui lho, kamu tinggal menuju saja ke Terminal Giwangan. Terus dari terminal, langsung saja ke arah selatan menuju Imogiri. Kalau sudah sampai Imogiri, ikuti saja petunjuk jalan untuk sampai ke Kebun Buah Mangunan.

Taman Buah

Sebenarnya, Kebun Buah Mangunan mulai dibangun oleh pemerintah Kabupaten Bantul pada tahun 2003. Ketinggian dari kebun buah ini sekitar 150-200 mdpl, dengan luar areanya mencapai 23,3 hektar.

Ketika berwisata di kebun buah ini, kamu bisa menikmati pemandangan yang hijau dari berbagai macam tanaman buah-buahan. Ada pohon durian, rambutan, belimbing, dan pohon yang bisa berbuah lainnya. Tapi, kamu nggak boleh memetik buahnya ya. Jika ingin buahnya, kamu bisa membeli dan menghubungi pihak dari Kebun Buah Mangunan.

Pemandangan Sungai Oyo

Kebun Buah Mangunan Imogiri
ririnfajrinas.wordpress.com

Sebenernya nih ya, daya tarik utama dari kebun buah di Imogiri ini bukanlah tanaman buah-buahannya lho. Kebanyakan pengunjung justru lebih tertarik dengan gardu pandang yang memiliki view pemandangan sangat indah.

Dari gardu pandang tersebut kamu bisa melihat pemandangan Pegunungan Sewu yang hijau dan menyejukkan. Selain itu ada juga pemandangan Sungai Ouo yang membelah hijaunya pepohonan. Tapi, untuk sampai ke gardu pandang kamu harus bersusah terlebih dahulu dengan melewati jalanan menanjak lho.

Sebenarnya ada area parkir kendaraan bermotor di puncak, tetapi akan lebih asik kalau bisa naik dengan jalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan. Naiknya juga nggak repot karena sudah disediakan trotar khusus pejalan kaki untuk bisa sampai ke puncak.

Setelah sampai puncak, pemandangan dari gardu pandang seperti yang sudah disebutkan sebelumnya akan menyambut kamu. Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih cantik lagi, lebih baik berkunjung ke kebun buahnya pada sore hari menjelang senja. Kamu bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam yang indah dari atas bukit.

Persiapan Keberangkatan

Mangunan Jogja
potograpero.com

Sebelum berangkat ke Kebun Buah Mangunan, lebih baik siap-siap dahulu ya. Pertama yang harus disiapkan adalah makanan dan minuman. Sebaiknya kamu bawa makanan dan minuman sendiri, terutama kalau ke tempat ini saat bukan hari libur. Ya buat jaga-jaga kalau warung yang jual makanan di kebun buah pada tutup. Tapi tetep jaga kebersihan dengan nggak buang sampah sembarangan.

Kalau berkunjung ke Kebun Buah Mangungan sebaiknya juga pas musim hujan ya, biar pemandangannya hiaju. Soalnya kalau musim kemarau, pemandangan yang kamu lihat tentu kurang hijau dan cenderung kering. Karena akan berkunjung saat musim hujan, pastikan bawa payung atau jas hujan.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Pastikan jadwalnya ya, yang penting jangan sendirian aja kalau ke sini. Kasian nanti kamu, yang lain pada dateng bareng-bareng, masak kamu cuma jomblo sendirian. Pastikan juga jangan bertepatan dengan libur panjang, karena bisa dipastikan bakalan ramai tempatnya. Selamat berwisata 🙂

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.