Sepiring Gudeg Pawon

Gudeg Pawon, Kuliner Malam di Jogja yang Akan Memanjakan Penikmatnya

Gudeg Pawon – Tentu kamu tahu kan salah satu makanan khas Jogja adalah gudeg? Gudeg ini bener-bener asli Jogja lho, nggak seperti bakpia yang masih ada percampuran dengan makanan dari Cina.

Gudeg merupakan makanan yang berasal dari nangka yang masih muda. Nangka muda dimasak dalam waktu yang lama, sehingga membuat warnanya yang awalnya putih, berubah menjadi kecoklatan.

Jika berkunjung ke Yogyakarta, kamu tidak akan kesulitan menemukan penjual kuliner yang satu ini. Maupagi, siang, sore atau malam hari pun, kamu akan dengan mudah menemukannya di berbagai sudut kota pelajar ini. Bahkan nggak cuma di warung makan atau pinggir jalan saja. Kamu bisa menemukan gudeg di restoran maupun hotel berbintang lho.

Selain gudeg terkenal seperti Gudeg Yu Djum, ada warung gudeg yang cukup populer di kalangan wisatawan dan masyarakat lokal lho, namanya Gudeg Pawon.

Keunikan Gudeg Pawon

Ngantri di Gudeg Pawon
makanmakan.com

Gudeg Pawon ini memiliki keunikan yang tidak ada pada warung gudeg lainnya. Keunikan pertama adalah nama dari tempat makan yang satu ini. Gudeg Pawon, kalau dalam bahasa Indonesia berarti gudeg dapur. Dan benar memang, orang yang ingin menikmati sepiring gudeg harus mau berdesakan di dapur warung makan ini.

Keunikan yang kedua adalah tempat ini hanya buka saat malam saja, tepatnya saat hari sudah akan tengah malam. Di mana sebagian besar masyarakat Jogja sudah terlelap di dalam tidurnya.

Walaupun cuma buka malam hari, ternyata tidak membutuhkan waktu lama buat buka lho. Paling Gideg Pawon buka hanya tiga jam saja.

Dapurnya GUdeg Pawon
sonofmountmalang.wordpress.com

Menu Gudeg Pawon

Gudeg Pawon sudah ada sejak tahun 1958, dulu dirintis oleh Bu Prapto Widarso. Pelanggan dari warung gudeg ini pun beragam, mulai dari mahasiswa, pejabat, orang kanoran, bahkan sampai artis nasional juga pernah ada yang menikati gudeg di sini lho.

Pelanggan yang datang ke tempat ini tentu ingin merasakan kelezatan dari masakan di sini. Walaupun harus antri untuk mendapatkan sepiring gudeg, tapi banyak kok yang penasaran. Biasanya mereka memesan gudeg basah dengan lauk dan pelengkapnya.

Pelanggan bisa memilih mau gudeg basah lengkap dengan sambel krecek dan ayam kampung. Atau gudeg basah dengan lauk lainnya, tinggal pilih sesuai selera.

Kelezatan Rasanya

Rata-rata pelanggan yang datang ke tempat ini antara penasaran dan ketagihan setelah merasakan rasa dari masakannya. Rasanya tentu saja lezat, perpaduan antara manisnya gudeg dengan gurihnya areh, dan empuknya daging ayam. Dinikmati saat malam yang dingin, sedangkan makananya panas, pasti nikmat banget tuh.

Lokasi Gudeg Pawon

Penasaran sama rasanya? Kamu bisa langsung dateng ke Jalan Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta. Warung ini buka setiap hari kok, jadi kamu nggak perlu khawatir mau datang kapan saja.

Jam buka Gudeg Pawon
flora-pasaribu.blogspot.co.id

Tapi, yang jelas tempat ini hanya buka dari jam 10 malam sampai jam 1 atau sampai habis. Sebaiknya kamu datang lebih awal, pertama biar nggak perlu antri panjang-panjang, kedua takutnya kamu bakalan kehabisan.

Nah, buat kamu yang meluangkan waktu wisata di Jogja, jangan lupa buat mampir ke tempat ini ya. Selain mencicipi rasa yang legendaris, sekalian melestarikan makanan tradisional khas Yogyakarta.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.