Terumbu Karang Pantai Kukup

8 Pantai Gunungkidul yang Mempesona, Nikmati Keindahan Alamnya

Gunungkidul merupakan gudangnya pantai, di sini kita akan menemukan pantai-pantai yang luar biasa. Dengan panorama-panorama alam yang asri. Setiap pantai memiliki keunikan tersendiri, sesuai keadaan alam sekitarnya.

Kebangkitan wisata pantai di Gunungkidul adalah diawali dengan terkenalnya Pantai Indrayanti sekitar 5 tahun yang lalu.

Berikut ini ada delapan pantai yang rasanya sangat sayang untuk kamu lewatkan ketika berwisata di Jogja.

1. Pantai Krakal

Pantai Krakal Gunungkidul
jogjaempatroda.com

Pantai Krakal merupakan salah satu deretan pantai yang memiliki pesona indah di Kabupaten Gunungkidul. Dengan memiliki garis pantai yang landai disertai hamparan pasir putih, dan batu karang, menjadi keistimewaan tersendiri pantai ini.

Bagi pencinta ikan hias di pantai ini terdapat ikan damselfish, ikan kupu-kupu, serta beberapa spesies ikan lainnya, yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di sela-sela karang.

2. Pantai Sundak

Pantai Sundak Jogja
titik0jogja.blogspot.com

Pantai Sundak berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Selain Pantai Krakal, Pantai Sundak juga wajib kamu kunjungi jika berlibur ke Yogyakarta. Di sini kamu akan disajikan panorama pantai yang indah, dan nggak kalah keren sama Pantai Parangtritis.

Sekarang pengunjung tidak akan kesulitan mencari tempat makan, karena telah dibangun beberapa restoran di tempat wisata ini.

Pantai Sundak memiliki batu karang yang besar di dua sisi kanan dan kiri. Di salah satu sisi pantai yang indah ini terdapat gua yang memiliki mata air tawar di dalamnya lho. Kamu bisa tuh menikmati keunikan itu di Pantai Sundak.

3. Pantai Drini

Pantai Drini Gunungkidul
anekatempatwisata.com

Pantai Drini terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini bertetangga dengan Pantai Kukup dan Pantai Krakal. Pantai berpasir putih ini berbeda dengan pantai yang lainya, karena pantainya dibatasi oleh bukit-bukit karang.

Selain itu, hal unik lainnya dari Pantai Drini adalah terdapat sebuah pulau karang yang ditumbuhi pohon drini, yang konon dapat menyembuhkan gigitan dari ular berbisa.

4. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Jogja
fajarindra.web.id

Pantai Sepanjang terletak di Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang di antara pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Dengan memiliki hamparan pasir putih, batu-batu karang di bibir pantai, serta terdapatnya biota laut yang indah, tentulah lengkap sudah keindahan Pantai Sepanjang.

5. Pantai Jogan

Pantai Jogan berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Dalam perjalanan menuju pantai, kamu akan disuguhkan dengan sungai kecil yang mengalir. Jika kamu ikuti aliran sungai itu, maka akan melihat air terjun jogan yang terlihat cantik.

Ketika berwisata di pantai ini, bukan cuma suara ombak saja yang terdengar , tapi juga suara gemuruh air tejun yang ada di salah satu bagian pantai. Jadi, kamu bisa menikmati panorama indah pantai dan menikmati keindahan air terjun.

6. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok Wonosari Jogja
jpswisata.com

Pantai Jungwok berlokasi Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini bertetangga dengan Pantai Wediombo. Salah satu daya tarik pantai ini adalah tempatnya yang bisa kamu jadikan sebagian tempat untuk camping.

Kamu akan bisa menikmati malam yang tenang, dengan suara ombak yang berkejaran. Selain itu, jika kamu camping di Pantai Jungwok, maka pemandangan langit sangat indah lho.

Nah, kalau kamu nggak mau camping di sini, kamu masih bisa menikmati pemandangan yang sangat indah kok. Cukup naik saja ke atas bukit yang ada di sekitar pantai, maka kamu akan mendapatkan pemandangan yang sangat memukau.

7. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul
jasawisata.com

Pantai Pok Tunggal berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Pok Tunggal memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapatnya sebatang pohon duras di bibir pantai yang berdiri kokoh.

Selain itu, pantai ini memiliki tebing-tebing yang tinggi, yang dihuni primata-primata liar yang berlalu-lalang di sana.

8. Pantai Kukup

Pantai Kukup
nianiahaha.wordpress.com

Pantai Kukup berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini disebut-sebut sebagai tanah lot-nya Jogja lho. Kayak gimana ya pemandangannya di sana? Langsung aja dateng, jadi kamu nggak penasaran lagi tuh.

Bukan cuma pemandangan seperti tanah lot aja yang bakal kamu dapatkan, ada juga gardu pandang yang bisa kamu jadikan tempat untuk mengambil gambar pemandangan pantai atau ber-selfie ria di sana.

Nah, itu tadi beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi di Gunungkidul. Masih ada puluhan pantai dan juga beberapa wisata alam lain seperti wisata air terjun, gua, atau sungai yang bisa kamu kunjungi. Jadi, main lah ke Jogja dan Piknik ke Gunungkidul 🙂

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.