Pantai Sadranan yang indah

Pantai Sadranan, Pantai Indah yang Berada di Gunungkidul, Jogja

Keindahan pantai-pantai di Gunung Kidul Yogyakarta, tidak terlepas dari khasnya yaitu hamparan pasir putih yang membentang, serta karang-karang yang besar, yang menjadi daya tarik tersendiri pesona pantai Gunungkidul. Selain Pantai Kukup, ada beberapa pantai yang memiliki keindahan yang tersembunyi, salah satunya Pantai Sadranan.

Letak Pantai Sadranan

Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Sadranan sekitar 66 Km dari kota Yogyakarta. Untuk sampai ke tempat lokasi dari arah Yogyakarta, kamu bisa mengambil jalur Pantai Krakal.

Sesampai di Pantai Krakal ambil arah ke timur sejauh setengah kilo meter. Pantai ini diapit oleh dua pantai yaitu Pantai Krakal dan Drini, sehingga aksesnya pun bisa melalui kedua Pantai tersebut.

Pantai Sadranan diambil dari kata ‘nyadran’ yang merupakan salah satu ritual sedekah laut dengan menaburkan sesaji kelaut. Tradisi ini dilakukan dihari-hari tertentu di tiap tahunnya sebagai ucapan rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Keindahan Apa Saja yang Tersembunyi di Pantai Sadranan?

Pemandangan Pantai Sadranan dari atas bukit
panduanwisata.id

Dengan memiliki panorama alam yang indah sering kali Pantai Sadranan menjadi lokasi pemotretan seperti pra-wedding, panorama alam Sadranan mampu menjadikan latar belakang foto yang menakjubkan.

Selain itu, hamparan karang-karang bisa dijadikan tempat bersantai, ada beberapa karang tergantung sehingga terkihat menyerupai gua banyak pengunjung menjadikan tempat berteduh.

Sadranan juga memiliki tebing tebing karang yang indah, jika kita melihat dari jauh tebing karang tersebut akan terlihat seperti pulau. Karena bagian atas tebing tertutup oleh tumbuhan hijau.

Panorama Bawah laut

Pantai ini juga terkenal sebagai tempat snorkeling atau olahraga menyelam bawah laut.Pantai Sadranan memiliki terumbu karang, biota-biota laut yang indah, yang akan memanjakan perjalanan wisata snorkeling kamu. Ada beberapa spot yang dijadikan snorkeling yaitu diantaranya spot Watu pecah dan Kali Senggoro.

Dikedua spot ini kamu akan disajikan pemandangan biota laut seperti terumbu karang, ikan langka yaitu ikan kepe-kepe, Areng-Areng, Morish Idol, Botana Kuning, Botana Achilles, Ikan Lepu, Belut Moray, Belanak, Pajung Pari, ikan Buntal dan ikan Neon, dan biota laut lainnya.

Snorkeling biasanya dilakukan saat air laut mulai surut, yaitu di pagi, siang hari dan sore hari. Untuk wisata snorkeling kamu akan disediakan pemandu-pemandu, serta penyewaan alat penyelaman.

Ada Fasilitas Apa Aja Sih di Sadranan?

Gubug di Pantai Sadranan
piknikasik.com

Kalau kamu piknik ke Pantai Sadranan, kamu nggak usah khawatir. Fasilitas di sana sudah lengkap kok, bahkan bisa dibilang cukup memadahi.

1. Panginapan dan Rumah Makan

Obyek wisata Pantai Sadranan memiliki beberapa fasilitas umum, seperti penginapan dan rumah makan sea food. Jadi, bagi pengunjung yang lupa bawa perbekelan atau makanan, rumah makan sea food menjadi alternatif mengatasi rasa lapar.

Buat kamu yang ingin bermalam, ada sejumlah penginapan yang dibangun di atas bukit, sehingga bisa melihat dengan jelas keindahan Pantai Sadranan.

2. Penyewaan Alat Snorkeling

Untuk pengunjung yang hobi menyelam, di pantai ini menyediakan penyewaan alat snorkeling seperti kacamata, selang pelampung, sepatu, dan juga dilengkapi dengan pemandu.

3. Penyewaan Alat Surfing

Bagi kamu yang hobi berselancar, disini juga disediakan peralatan selancar seperti ban karet dan pelampung. Kamu bisa berselancar menikmati ombak-ombak besar, tanpa perlu bawa alat selancar dari rumah.

4. Penyewaan Dome

Di sini juga disediakan tenda dome beserta tikar, disediakan khusus bagi pengunjung yang hobi camping. Untuk menambah keseruan ada juga penyewaan alat-alat outbond, sehingga memberikan keseruan camping kamu.

5. Gubuk

Untuk menikmati keindahan laut, di pantai ini juga disediakan gubuk-gubuk yang cukup besar sebagai tempat bersantai bersama keluarga, setelah melakukan perjalanan yang melelahkan.

Nah, pasti seru tuh kalau bisa bermain air di Pantai Sadranan. Buruan kunjungi pantai indah ini, ajak keluarga dan juga teman-teman kamu 🙂

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.