Sedang Melakukan manuver saat main sandboarding di Jogja

Sandboarding di Jogja, Wisata Sekaligus Olahraga

Pernah denger istilah sandboarding? Kalau belum tau, sandboarding adalah berseluncur di atas pasir menggunakan sebuah papan. Biasanya salah satu olahraga ekstrim ini dilakukan di sebuah gurun pasir. Peseluncur akan meluncur dengan cepat dari ketinggian bukit pasir yang ada di tengah gurun.

Sandboarding yang biasanya dilakukan di gurun ini ternyata juga ada lho di Kota Jogja, ya walaupun tempatnya bukan di gurun pasir sih. Tapi, tempatnya udah mirip gurun kok, dengan hamparan pasir yang luas dan terdapat bukit pasir yang cukup tinggi.

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja
rachman14.wordpress.com

Tempat kamu bisa melakukan sandboarding di Jogja adalah di Gumuk Pasir atau Padang Pasir Parangkusumo, Parangtritis, Bantul. Sebuah gumuk pasir yang menyediakan fasilitas untuk melakukan olahraga ekstrim ini. Cocok buat kamu yang sedang liburan di Jogja dan ingin merasakan tantangan yang berbeda dari biasanya.

Gumuk pasir ini selain digunakan untuk melakukan olahraga ekstrim, kamu juga bisa melihat pemandangan yang indah lho. Apalagi kalau matahari sudah mulai condong ke barat dan akan tenggelam. Indah banget deh pemandangan yang ada di tempat ini.

Sandboarding Jogja

Anak kecil pegang papan sandboarding di Jogja
asliklaten.com

Nah, kalau kamu tertarik mencoba sandboarding, langsung saja datang ke Parangkusumo, cari deh letak gumuk pasir-nya. Di sana kamu nggak perlu khawatir, ada beberapa pengelola yang menyediakan papan seluncur untuk kamu bisa bermain olahraga ini.

Kalau belum bisa bagaimana?

Persewaan papan untuk sandboarding Parangkusumo Jogja
jalanjalinjualan.blogspot.co.id

Tenang, kalau kamu belum bisa bermain sandboarding, ada yang siap mendampingi kok. Jadi, sekalian menyewa papan, ada juga pendampingan. Kamu akan diberikan arahan singkat untuk bisa menggunakan papan, dan meluncur di atas pasir. Selain itu, biasanya akan disediakan alat pengaman berupa helm dan pelindung lutut buat kamu yang masih awal mencoba.

Waktu yang Tepat

Buat kamu, disarankan datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo saat sudah menjelang sore hari. Selain cuacanya sudah nggak begitu panas, kamu juga akan bisa melihat keindahan matahari tenggelam dari tempat ini.

Adrenalin Terpacu

Setelah semua peralatan siap, dan cuaca mendukung, saatnya untuk melakukan sandboarding. Kamu akan meluncur dari ketinggian antara 5-7 meter. Kalau nggak biasa, tentu seolah-olah segitu itu tinggi banget, tapi begitu meluncur, rasanya “mak serr”.

Adrenalin akan terpacu, jantung berdegup lebih kencang, dan akhirnya kamu akan ketagihan buat mencoba lagi. Kamu bisa mencoba berbagai gaya ketika sedang meluncur, yang penting perhatikan keselamatan dan harus tepat hati-hati. Selamat berwisata dan memacu adrenalin 🙂

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.