Pantai Drini Gunungkidul

Pantai Drini Eksotisme Tiada Henti dan Selalu di Hati

Pantai Drini mungkin nggak terlalu terkenal seperti pantai di Gunung Kidul lainnya. Tapi, keindahan pantai yang satu ini nggak kalah lho.

Menikmati suasana pantai di tempat ini sungguh membuat hati tenteram dan tenang. Bukan cuma pemandangan di atas lautnya saja yang indah, di bawah laut juga nggak kalah memukau.

Yup, kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut yang sayang untuk dilewatkan ketika mengunjungi Drini. Soalnya kamu bisa ber-snorkeling di kawasan wisata Pantai Drini.

Langsung kita simak saja yuk berbagai hal mengasikkan lainnya.

Lokasi Pantai Drini

Alamat Pantai Drini berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Letaknya tentu saja ada di jajaran pantai selatan Jogja yang membentang dari barat sampai timur Kabupaten Gunung Kidul.

Jalan Menuju Pantai Drini

Untuk bisa sampai ke lokasi pantai, kamu bisa mengikuti rute yang sudah umum digunakan.

Dari Jogja

Buat yang dari Kota Yogyakarta, kamu bisa mengikuti rute berikut.

Kota Jogja > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Landasan Udara TNI Gading > Siyono > Bundaran Tugu BPD > Wonosari > Jalan Baron > Tanjungsari.

Setelah sampai Tanjungsari, kamu bisa ikuti petunjuk jalan menuju Drini.

Dari Solo

Buat tetangganya Jogja, hehehe, ada jalur lainnya biar nggak makin jauh kalau harus ke Jogja dulu. Ada rute dari arah Klaten dan Sukoharjo, kamu bisa pilih salah satunya.

Kota Klaten > Cawas > Semin > Watukelir > Tanjungsari.

Sukoharjo > Solo > Tawangsari > Semin > Watukelir > Karangmojo > Tanjungsari.

Sama seperti yang jalur dari Jogja, setelah sampai Tanjungsari, kamu tinggal ikuti aja tuh petunjuk arah menuju Drini.

Peta Pantai Drini

Biar lebih mudah lagi sampai ke tempat tujuan, ikuti peta dari Google Maps berikut ya.

Harga Tiket Masuk Pantai Drini

Sebelum masuk ke tempat wisata, pertama-tama kita perlu membayar retribusi terlebih dahulu.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp10.000
Sepeda MotorRp3.000
MobilRp5.000
BusRp10.000

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah ya 🙂

Fasilitas di Drini

Pantai Drini dari atas
wikipedia.org

Sesampainya di Pantai Drini, kamu nggak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Buat tempat wisata, fasilitasnya sudah memadai dan lengkap.

  • Penginapan
  • Mushola
  • Tempat parkir luas
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Toilet

Selain itu, ada banyak spot untuk berfoto yang instagramable banget deh.

Spot Asyik di Pantai Drini

Selain melihat indahnya pemandangan laut dari bibir pantai, tentu kamu juga pengen kan menikmati hal lain di Drini ini?

Tenang, ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini kok. Kamu bisa main sepuasnya sambil melepas penat setelah satu pekan sibuk bekerja.

Puncak Kosakora

Puncak Kosakora
tuguwisata.com

Ke Drini rasanya kurang lengkap kalau nggak naik ke Bukit Kosakora. Dari puncak ini, kamu bisa menikmati keseluruhan pemandangan pantai yang indah banget.

Mau naik ke sini sebenarnya nggak gratis, tapi nggak mahal kok bayarnya. Kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 2 ribu – 5 ribu rupiah saja.

Ingat, karena naik bukit, jadi kamu harus siap tenaga ya. Tanjakan menuju ke puncak cukup terjal soalnya, mirip-mirip naik gunung gitu lah.

Tapi, begitu sampai di atas, akan terlihat pemandangan yang luar biasa memesona. Mata kamu akan dimanjakan indahnya alam ciptaan Tuhan.

Bermain Kano

Bermain kano di Drini
jogjaonstage.com

Main ke pantai jangan cuma duduk-duduk di pinggir pantai aja dong. Mending kamu cobain bermain kano yang pastinya cukup seru.

Nggak perlu takut buat bermain kano, ombak di pantai ini nggak besar kok. Kamu juga dilengkapi dengan jaket pelampung yang membuat diri mengapung ketika jatuh dari kano.

Menarik? Langsung cobain aja.

Cocok Buat Mancing Mania “Mantab”

Buat yang suka mancing, tempat ini mungkin bakal jadi surga buat kamu. Soalnya, kawasan ini memang tempat yang cocok banget buat memancing.

Pokoknya, mancing mania “mantaaab”.

Snorkeling

Keindahan pantai nggak cuma ada di atas aja lho, di bawah laut juga nggak kalah bagusnya. Kamu bisa tuh menikmati keindahannya dengan ber-senorkeling ria.

Penginapan Dekat Pantai Drini

Kamu mau menginap dekat pantai indah di Wonosari ini? Tenang, nggak usah khawatir, ada penginapan juga kok di dekat sini. Ya, walaupun nggak sekelas hotel bintang 3 atau homestay kelas atas ya.

  1. Wisma Kampoeng Drini – 0813 9264 2708
  2. Penginapan Bukit Indah Pak Kumis – 0821 3459 8755

Sebenarnya ada banyak penginapan yang bisa kamu sewa untuk bermalam. Tapi, jaraknya cukup jauh kalau dari Pantai Drini. Kamu bisa coba dua penginapan di atas, siapa tau cocok kan ya, hehehe.

Tarif penginapan di dekat Drini juga nggak begitu mahal kok, alias murah, sekitaran 100 ribuan. Kalau memang masih ragu, coba aja hubungi kontak yang ada.

Oia, nomor hape di atas bisa juga berganti ya, jadi pastikan dulu apakah benar nomor tersebut benar penginapan yang ingin kamu hubungi.

Wisata Dekat Pantai Drini

Di sekitar Drini ada beberapa pantai lainnya yang bisa kamu kunjungi lho.

  • Pantai Sepanjang – jaraknya sekitar 0,8 km
  • Pantai Sadranan – jaraknya sekitar 2,6 km
  • Pantai Krakal – jaraknya sekitar 2,6 km
  • Pantai Slili – jaraknya sekitar 2,6 km
  • Pantai Kukup – jaraknya sekitar 2,7 km
  • Pantai Sundak – jaraknya sekitar 3,4 km
  • Pantai Indrayanti – jaraknya sekitar 4 km
  • Pantai Pok Tunggal – jaraknya sekitar 5,1 km

Foto Pantai Drini

Biar kamu makin penasaran sebagus apa sih Drini itu, ada beberapa gambarnya nih. Kalau kamu udah pernah mampir ke sini, upload juga di media sosialmu, biar ikut dalam sejarah perjalanan hidupmu, hehehe.

Kapal nelayang yang berlabuh di Pantai Drini
blogkulo.com

Di pinggiran pantai kamu bisa melihat perahu nelayan yang sedang bersandar. Kalau waktunya tepat, kamu bisa menjumpai para nelayan yang baru pulang membawa ikan lho.

Kamu bisa juga tuh membeli ikan-ikan yang masih segar di situ. Lumayan, berwisata sekaligus kuliner segar langsung dari laut.

Pulau Drini Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta
travelingyuk.com

Melihat keseluruhan pantai nggak harus dari Bukit Kosakora kok, kamu bisa naik ke Bukit Drini.

Pasir Putih di Drini
nativeindonesia.com

Bisa dilihat tuh, pasir putih pantai nampak bersih dan indah. Ada juga spot foto buat di-upload di Instagram.

Tapi, kalau menurut saya kok malah sedikit mengganggu pemandangan yang sudah indah dari sananya ya. Itu menurut saya lho ya 🙂

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.