Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

Pantai Indrayanti Menyimpan Keindahan yang Hakiki

Pantai Indrayanti merupakan salah satu daya tarik wisata yang ada di Jogja. Pemandangan yang indah dengan suasana khas laut yang menenangkan dan mengasyikkan.

Kalau kamu ke pantai ini, tentu akan menemukan kemiripan dengan pantai-pantai lainnya. Kamu bisa melihat laut yang luas, hamparan pantai dengan pasirnya, dan juga angin sepoi-sepoi yang menyentuh kulit.

Tapi, namanya Daerah Istimewa Yogyakarta, tentu akan memberikan suasana berbeda.

Mau tau lebih banyak tentang pantai indah ini? Lansung saja yuk kita cari tahu bersama.

Sejarah Pantai Indrayanti

Setiap tempat tentu punya asal-usulnya masing-masing, termasuk Pantai Indrayanti.

Awal mulanya, pantai ini bernama Pantai Pulang Syawal, itu yang dulu dikenal. Tapi, akhirnya sekarang dikenal dengan nama Indrayanti.

Ternyata, penamaan Indrayanti pada pantai ini diambil dari nama sebuah kedai kecil bernama Indrayanti. Kedai itu pemiliknya bernama pak Indra dan bu Yanti.

Karena nama Indrayanti lebih mudah diingat, maka wisatawan terbiasa menyebut dengan nama Indrayanti, bukan Pulang Syawal. Hingga akhirnya, sampai saat ini pantai Pulang Syawal lebih dikenal dengan nama Indrayanti.

Tentang penggantian nama pantai yang awalnya Pulang Syawal menjadi Indrayanti yang merupakan nama pribadi sebenarnya menyalahi aturan. Hal tersebut sempat menjadi kontroversi, bukan hanya dengan pengelola pantai saja, tapi juga dengan kraton dan pemda setempat.

Bahkan, sampai ada isu akan ditutupnya pantai ini lho gara-gara penggantian nama tersebut. Tapi, sampai sekarang masih belum ada tindak lanjut tentang isu yang dulu sempat beredar.

Yah, walaupun sempat terjadi polemik tentang nama pantai ini, sekarang Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti menjadi destinasi wisata di Yogyakarta yang sangat diminati wisatawan.

Mitos Pantai Indrayanti

Ingat ya, ini mitos, sebuah misteri, kepercayaan masyarakat sekitar daerah ini. Boleh jadi benar, bisa juga salah. Tapi, mitos ini banyak beredar di masyarakat.

Mitos yang ada di pantai ini sebenarnya sama seperti mitos di pantai selatan lainnya. Pengunjung pantai dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau atau warna yang mirip degan hijau. Kalau ada yang memakai warna tersebut, dia akan ditelan oleh ombak.

Cerita ini tentu ada yang jadi takut dan ada juga yang biasa saja. Yah, mending kita serahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Larangan Pantai Indrayanti

Selain laranganan berbaju hijau yang merupakan mitos di masyarakat, ada lagi lho larangan di Pantai Indrayanti ini.

Untuk menjaga kelestarian biota laut dan keindahan pantai, kamu dilarang untuk buang sampah sembarangan. Ingat ya, dilarang buang sampah sembarangan, hehehe.

Lokasi Pantai Indrayanti

Alamat pantai berpasir putih ini adalah Jalan Trenggale Watuwalang, Pantai, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55881.

Letaknya berada di kawasan wisata pantai di Gunung Kidul, nggak jauh dari wisata pantai lain.

Jalan Menuju Pantai Indrayanti

Udah tau alamatnya kan?

Untuk sampai ke tempat tersebut, ada beberapa rute yang bisa dilalui.

Rute Umum

Jalan pertama yang bisa kamu lalui adalah lewat Jalan Wonosari, rute ini cocok buat yang dari arah Jogjakarta.

Setelah dari Jalan Wonosari langsung menuju arah Piyungan > Wonosari > Karangrejek > Hargosari > Tepus.

Sesampainya di Tepus, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah di sepanjang jalan sampai ke Indrayanti.

Rute Alternatif

Jalur ini biasanya disebut juga jalur selatan, lewatnya dari Jalan Imogiri.

Jalan Imogiri > Siluk > Panggang > Saptosari > Trowono > Baron.

Dari wilayah Pantai Baron, kamu bisa menemukan petunjuk arah ke Pantai Pulang Syawal (Indrayanti). Jarak dari Baron kira-kira 10 km, cukup jauh juga sih.

Kalau kamu masih belum familiar dengan jalanan Jogja, sangat disarankan untuk memilih rute umum saja. Selain jalurnya mudah dilalui, jalanannya juga bagus.

Tapi, tetap pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik ya. Jalanan yang bakal dilewati banyak tanjakan, turunan, dan kelokan cukup tajam.

Rute dari Klaten

Kalau kamu dari arah Klaten dan ingin mantai di Jogja, ada rutenya juga kok.

Dari Klaten > Cawas > Semin > Karangmojo > Kota Wonosari.

Sesampainya di Kota Wonosari, tinggal ikuti aja tuh papan petunjuk arah menuju Indrayanti. Atau bisa juga ikuti rute umum seperti di atas.

Rute dari Solo (Surakarta)

Buat yang dari Kota Solo nih, jalurnya juga ada.

Solo > Sukoharjo > Wonogiri > Wuryantoro > Eromoko > Pracimantoro > Rongkop > Girisubo > Purwodadi > Tepus.

Dari Tepus, tinggal ikut jalan ke arah Indrayanti.

Peta Pantai Indrayanti

Buat yang masih bingung, ada maps nya dari Google nih. Kamu tinggal klik aja direction, ikutin deh jalannya, hehehe.

Oia, mungkin ada yang penasaran juga, sebenarnya Jarak Malioboro ke Pantai Indrayanti itu berapa KM sih?

Jarak dari Malioboro ke Indrayanti
Jarak dari Malioboro ke Pantai Indrayanti – Google Maps

Kalau dari Google Maps, jaraknya itu sekitar 65-67 KM. Lihat gambar di bawah deh kalau nggak percaya. Dengan jarak segitu, kira-kira butuh waktu tempuh sekitar 3 jam (jalannya naik turun). 3 jam itu kalau nggak macet juga lho ya.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Seperti tempat wisata lainnya, kamu harus membayar retribusi terlebih dahulu untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp10.000
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp15.000
Parkir BusRp30.000

Fasilitas di Indrayanti

Bisa dibilang pantai ini baru-baru saja terkenal dan membludak pengunjungnya. Tapi, fasilitas dari Pantai Pulang Syawal ini cukup lengkap lho.

  • Warung makan
  • Cafe atau restoran
  • Mushola
  • Lahan parkir luas
  • Toko saouvenir
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Payung pantai

Harga Penyewaan Fasilitas Pantai

Selain tiket masuk, kamu juga perlu mengeluarkan uang untuk bisa bersantai di bawah payung atau di gazebo. Mau mandi bilas atau sekedar ke toilet juga ada biayanya.

KeteranganHarga
GazeboRp30.000/unit
Payung PantaiRp20.000/unit
Kamar MandiRp5.000 (untuk mandi)
ToiletRp2.000 (untuk buang air)

Kondisi Pantai Indrayanti Saat Ini

Sekarang, kondisi pantai ini cukup tertata dan sudah banyak fasilitasnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jadi kamu nggak perlu khawatir.

Kalau laper, ada warung makan

Mau bilas habis mandi di laut, ada pernyewaan kamar mandi.

Udah masuk waktu sholat, bisa ke mushola.

Pengen leha-leha di pinggir pantai, bisa nyewa payung pantainya.

Jadi, deskripsi Pantai Indrayanti itu tempat wisata yang indah pemandangannya, lengkap fasilitasnya, hehehe.

Penginapan Dekat Pantai Indrayanti

Mau menginap? Tenang, ada banyak pilihan, dan harganya pun cukup terjangkau. Kamu bisa pilih, mau di homestay, guest house, hotel, cottage, atau penginapan biasa.

Rock Garden Homestay – 0822 2531 7339

Walet Guest House – 0852 0017 5454

Joglowatukelir – 0823 2737 7377

Griya Kusuma – 0813 2541 4441

Penginapan Cemara Udang – 0813 2541 4441

Rumah Inspio (Nature Homestay) – 0878 3867 9058

Kayu Watu Coutage – 0852 9667 3959

Radika Paradise Villa & Cottage – 0812 2754 5454

Penginapan-penginapan itu ada di dekat Indrayanti ya. Nomornya didapat dari Google Maps, semoga aja masih bener dan nyambung ke penginapannya, hehehe.

Tarif per malam untuk menginap di penginapan dekat pantai berbeda-beda, dari yang murah sampai mahal. Kisarannya itu, harga 100 sampai 700 ribuan. Jadi kamu bisa sesuaikan dengan budget yang ada.

Wisata Dekat Pantai Indrayanti

Setelah puas main di pantai indah ini, kamu bisa lho mampir-mampir ke tempat wisata terdekat. Wisatanya masih seputaran pantai juga sih, tapi sensasinya tentu berbeda.

  • Pantai Sundak – jaraknya sekitar 0,7 km
  • Pantai Pok Tunggal – jaraknya sekitar 1,1 km
  • Pantai Sadranan – jaraknya sekitar 1,4 km
  • Pantai Krakal – jaraknya sekitar 1,4 km
  • Pantai Slili – jaraknya sekitar 1,4 km
  • Pantai Drini – jaraknya sekitar 4 km
  • Pantai Sepanjang – jaraknya 4,8 km
  • Pantai Timang – jaraknya sekitar 6,2 km
  • Pantai Kukup – jaraknya 6,7 km

Foto Pantai Indrayanti

Buat yang masih mager pergi kemana-mana tapi pengen lihat gambar di Indrayanti. Berikut ini ada beberapa gambar keren yang mungkin saja bikin kamu pengen segera berkemas dan langsung berangkat ke tempat ini.

Pantai Indrayanti Jogja
piknikasik.com

Foto dari atas batu karang sungguh menyajikan keindahan keseluruhan pantai.

Bukit karang Pantai Pulang Syawal Gunung Kidul
kissparry.com

Pemandangan lain dari atas bukit karang di sisi lain Pantai Pulang Syawal.

Sunset di Pantai Indrayanti
flickr.com

Menikmati sunset yang kemerahan oranye di salah satu pantai terindah di Jogja.

Pantai Pulang Syawal
unique-chantika.com

Jajaran payung pantai yang bisa kamu sewa untuk berteduh dari teriknya sinar matahari.

Waktu yang Tepat ke Indrayanti

Untuk mengunjungi pantai ini, sebenarnya bisa kamu lakukan kapanpun. Tapi ada waktu yang paling cocok buat berlibuat di sini.

Pertama adalah pagi hari, saat matahari belum terlalu panas. Udara masih segar dan kamu bisa menikmati pemandangan dengan santai.

Kedua, ketika sore hari, sambil menunggu matahari terbenam. Dan, matahari di Indrayanti ini terbenamnya di sebelah barat. Sungguh luar biasa, hehehe.

Oia, ada yang ketinggalan, jangan ke pantai ini saat musim liburan. Bisa dipastikan kamu nggak bakal dapat tempat kalau berangkat kesiangan.

Pengunjung Indrayanti saat liburan itu udah kayak orang berebut gunungan saat Maulid Nabi, rame banget deh.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.