Ngobaran beach

Pantai Ngobaran yang Indah dan Kamu Bakal Terkesan

Seperti wisata pantai lainnya di Yogyakarta, Pantai Ngobaran ini juga cukup banyak menarik untuk wisatawan. Baik itu wisatawan lokal Jogja atau kota lainnya, dan turis internasional.

Pantai ini nggak cuma menghadirkan keindahan pemandangan pantai dan lautnya saja. Tapi juga ada keunikan lainnya yang bikin orang penasaran pengen ke tempat keren ini.

Coba tebak nih, keunikan dari pantai ini tuh ada tempat yang banyak di Bali. Hayo, kamu tau nggak apa itu?

Wah, bener banget, di Ngobaran terdapat pura yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu. Udah mirip banget deh kayak di Bali, ada pura di dekat pantai gini.

Sejarah Pantai Ngobaran

Ada cerita yang beredar di masyarakat sekitar pantai ini terkain nama pantai. Ternyata, pantai ini ada kaitannya dengan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak.

Ceriatanya nih ya, dulu banget, kerajaan Demak yang merupakan kerajaan Islam semakin berkembang. Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia semakin tergerus.

Saat itu, Kerajaan Demak dipimpin oleh Raden Patah. Beliau adalah putra dari Prabu Brawijaya V dari istri Putri Champa.

Sampai akhirnya Majapahit runtuh dan mau nggak mau rajanya yang saat itu adalah Prabu Brawijaya harus meninggalkan Kerajaan Majapahit.

Prabu Brawijaya V meninggalkan Kerajaan Majapahit bersama dengan putranya yang bernama Bondan Kejawan. Mereka berjalan menuju ke arah barat sampai tiba di sebuah pantai. Nah, pantai itulah yang sekarang ini dikenal dengan Pantai Ngobaran.

Bondan Kejawan inilah yang nantinya akan menurunkan raja-raja di dinasti Mataram Islam.

Konon, perjalanan Prabu Brawijaya V itu karena beliau dikejar-kejar oleh utusan Raden Patah. Beliau melakukan pelarian sampai akhirnya bertemu dengan jalan buntu.

Prabu Brawijaya akhirnya memutuskan untuk melakukan upacara Muksa. Upacara Muksa dilakukan dengan membakar diri dengan api yang besar. Karena apinya besar sampai-sampai berkobar-kobar. Nah, karena itulah tempat ini sekarang diberi nama Pantai Ngobaran.

Lokasi Pantai Ngobaran

Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871.

Jalan Menuju Pantai Ngobaran

Untuk bisa sampai ke tempat ini, ikuti jalur umum aja ya biar lebih enak jalannya dan nggak nyasar.

Dari Jogja

Ada 2 jalur yang biasanya digunakan.

Jalan Imogiri Timur > Selopamioro > Jalur Lintas Selatan > Jalan Raya Panggang Wonosari.

Sesampainya di Jalan Raya Panggang, kamu bisa lihat papan petunjuk untuk bisa sampai Ngobaran.

Jalan Wonosari > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Lapangan AAU Gading > Pertigaan Gading (ambil kanan) > Playen > Paliyan > Kanigoro > Ngobaran.

Dari Solo

Buat yang dari Solo, kamu harus ke Klaten terlebih dahulu ya.

Solo > Klaten > Cawas > Karangmojo > Wonosari > Siraman > Pulutan > Wiyoko > Paliyan > Pasar Trowono > Kanigoro > Ngobaran.

Peta Pantai Ngobaran

Biar kamu nggak tersesat dan tak tau arah jalan pulang, bisa lihat Google Maps di bawah ini.

Jarak Kota Jogja ke pantai ini sekitaran 60-an kilo meter. Cukup jauh memang kalau mau pergi ke jajaran pantai yang ada di Gunung Kidul tuh. Tapi jarak tersebut bisa terbayarkan dengan keindahan tempatnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

Masuk ke pantai indah ini kita harus membayar retribusi dulu ya. Biar fasilitas dan jalan ke arah pantai ini lebih baik dan nyaman lagi.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp5.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp10.000
Parkir BusRp20.000

*Harga bisa berubah tanpa pengumuman dulu ya.

Fasilitas di Ngobaran

Pergi ke tempat wisata yang belum terjamah tentu bikin was-was kan? Takutnya nggak ada apa-apa di sana. Tapi tenang, di pantai ini pengelolanya sudah mantab. Fasilitas di tempat ini juga cukup lengkap kok untuk ukuran tempat wisata.

  • Tempat istirahat
  • Mushola
  • Tempat ibadah
  • Warung makan
  • Area parkir luas
  • Toilet umum
  • Toko oleh-oleh khas

Selain itu ada juga penduduk yang menawarkan jasa fotografi. Jadi kamu tinggal pose aja, lali mereka akan mengabadikan dirimu dengan pemandangan indah.

Kalau memang tertarik, bisa kok memakai jasa mereka, selain punya kenang-kenangan, kamu juga turut membantu perekonomian warga sekitar.

Hal Menarik di Pantai Ngobaran

Pergi ke pantai tentu saja ingin melihat pemandangan indah dan angin laut yang segar dong? Tapi, ternyata di pantai ini ada hal lain yang juga menarik untuk dikunjungi lho.

Pura

Pantai Ngobaran Wonosari
mainmania.com

Yups, di Ngobaran ada sebuah pura yang biasanya digunakan untuk upcara adat. Biasanya, upacara adat dilaksanakan ketika bulan purnama atau di bulan-bulan tertentu.

Jadi, bukan cuma bisa berforo di dekat pura dengan latar pantai dan laut. Kamu juga bisa melihat upacara adat kalau sedang beruntung, hehehe.

Wisata Kuliner

Buat yang suka seafood, ada lho makanan khas daerah ini buat dicicipi. Katanya yang udah pernah nyoba, rasanya sungguh enak dan lezat. Tapi ya itu, harganya cukup menguras kocek kita kalau pengen tau rasanya.

Kamu bisa patungan sama kawan buat bisa menikmati kuliner ini, landak laut namanya. Tapi, kalau memang males nyobain yang baru, bisa juga makan udang, ikan, cumi, atau kerang laut.

Untuk melengkapi nuansa pantai, jangan lupa juga buat cobain kelapa muda. Cocok banget soalnya, habis makan enak, minum es kelapa muda ditemani semilir angin pantai yang.

Matahari Terbenam

Melihat sunset di Pantai Ngobaran
@tyanurulendah – instagram.com

Buat pecinta hal yang romantis, menantikan sunset di pantai ini nggak boleh dilewatkan. Soalnya, sunset di Ngobaran itu bagus banget.

Nggak cuma warna langit yang berubah menjadi oranye, patung-patung di area pura juga menjadi siluet cantik. Kamu bisa banget mengabadikannya, buat upload Instagram sih biasanya, hehehe. Iya kan?

Spot Foto

Pantai Ngobaran Gunung Kidul
bertemanangin.wordpress.com

Buat yang suka eksis dan foto-foto di tempat instagramable, pantai ini juga ada spot-nya. Kamu bisa berfoto di spot-spot tersebut biar terlihat kekinian. Jangan lupa, buat perawatan tempat tersebut, bayar sedikit ya.

Sebenarnya saya kurang suka sih ada tambahan-tambahan spot foto gini. Selain jadi ada bangunan baru, pemandangan alami pantai jadi terhalangi spot foto tersebut. Ini cuma pendapat pribadi ya, bisa saja ada yang setuju dan ada yang nggak, hehehe.

Penginapan Dekat Pantai Ngobaran

Kalau kamu ingin menginap di dekat pantai indah ini, entah itu hotel murah, villa, ataupun resort, harus kamu urungkan deh. Dekat pantai ini masih belum ada penginapan.

Kalaupun ada penginapan, kamu harus menuju ke arah Pantai Baron. Nah, disekitar Baron kamu baru bisa mendapatkan penginapan buat bermalam.

Yah, nggak apa-apa lah jalan agak jauh buat bermalam. Setelah menginap kan kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai pagi hari di dekat penginapan tersebut.

Wisata Dekat Ngobaran

Di dekat Ngobaran ada pantai lain yang sayang banget kalau nggak mampir.

  • Pantai Ngrenehan – jaraknya sekitar 1,1 km
  • Pantai Kukup – jaraknya sekitar 5,7 km
  • Pantai Sepanjang – jaraknya sekitar 7,6 km
  • Pantai Kesirat – jaraknya sekitar 8,1 km
  • Pantai Drini – jaraknya sekitar 8,4 km
  • Pantai Sadranan – jaraknya sekitar 11,1 km
  • Pantai Sundak – jaraknya sekitar 11,8 km
  • Pantai Indrayanti – jaraknya sekitar 12,4 km
  • Pantai Pok Tunggal – jaraknya sekitar 13,5 km

Kamu mau mampir dari yang dekat apa yang jauh dulu nih?

Foto Pantai Ngobaran

Buat meyakinkan kamu akan keindahan Ngobaran, berikut ini ada beberapa gambar tempat wisatanya.

Ngobaran Yogyakarta
@fr.bernard – instagram.com

Kamu bisa melihat sebuah pura yang di belakangnya ada bukit. Jadi, nggak melulu lihat pantai dan laut aja kalau main ke sini ya.

Pura di Ngobaran Jogja
@modrick_fikri_kanang – instagram.com

Selain pura di dekat pantai, ada juga ornamen mirip candi yang bisa kamu lihat di sini. Menarik banget deh bisa berwisata di pantai indah ini tuh.

Ada video keadaan pura yang ada di Pantai Ngobaran nih. Kamu bisa lihat dan cermati, betapa indahnya tempat wisata yang satu ini.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.