pemandangan krakal

Pantai Krakal, Wisata Indah dengan Karang yang Dangkal

Pantai Krakal bisa menjadi salah satu destinasi wisata ketika kamu berkunjung ke Jogja. Pantai ini memberikan banyak cerita yang akan menarik untuk kamu bagikan ke saudara.

Gimana nggak menarik, pantai berpasir putih ini memiliki pemandangan yang indah. Karang di tepian pantai juga akan sangat menari. Apalagi, kalau air sedang surut. Kamu bias berburu hewan laut di antara karang-karang ini.

Kalau nggak mau capek berburu hewan laut, kamu bisa bersantai di pinggir pantai kok. Menikmati angin yang berhembus dan melihat hamparan laut yang luas.

Sejarah Pantai Krakal

krakal dari atas langit
@theroyaljoglo – instagram.com

Pantai unik ini memiliki cerita tentang bagaimana terbentuknya pantai ini.

Konon, dahulu kala, Pantai Krakal merupakan tempat yang ada di dasar laut. Tapi, terjadi pergerakan kerak bumi hingga mengakibatkan naiknya lapisan bumi. Lalu terbentuklah pantai yang indah seperti sekarang ini.

Lokasi Pantai Krakal

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari Kota Jogja, pantai ini berjarak sekitar 65 km. Waktu tempuh untuk sampai tempat ini kira-kira sekitar 3 jam.

Jalan Menuju Pantai Krakal

Untuk bisa sampai ke Krakal, kamu bisa melalui rute yang sering digunakan wisatawan.

Dari Kota Jogja

Buat yang dari Yogyakarta, kamu bisa ikuti rute berikut.

Kota Jogja > Piyungan > Sambipitu > Lanud TNI Gading > Siyono > Bundaran Tugu BPD (lurus ke arah timur) > Wonosari > Jalan Baron > Tanjungsari > Pos Retribusi Kawasan Pantai Wonosari.

Dari pos retribusi, kamu masih harus berjalan lagi ke arah timur, tapi nggak jauh kok. Setelah itu, baru deh sampai di Pantai Krakal.

Dari Arah Solo

Kalau kamu dari arah Solo atau Klaten, bisa tuh menuju ke Prambanan terlebih dahulu. Nanti, dari prambanan, kamu tinggal menuju ke arah Patuk, Gunung Kidul. Lalu, ikuti deh rute di atas.

Peta Pantai Krakal

Buat yang pengen cepet mendapatkan rute, langsung aja buka Google Maps. Kamu bisa set titik keberangkanan dan tujuan. Kalau bingung, langsung klik peta di bawah ini aja ya.

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Masuk ke Krakal, jangan lupa untuk bayar retribusi ya. Selain membantu perkembangan tempat wisata, tentu saja juga membantu perekonomian warga sekitar.

KeteranganBiaya
Tiket MasukRp10.000/orang
Parkir MotorRp2.000/motor
Parkir MobilRp5.000/mobil

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah ya.

Fasilitas di Krakal

Fasilitas yang ada di Krakal bisa dibilang lengkap. Ya, layaknya tempat wisata yang sudah banyak pengunjungnya.

  • Mushola
  • Area parkir luas
  • Kamar mandi
  • Penginapan
  • Warung makan
  • Gazebo

Kamu bisa menggunakan fasilitas yang ada di pantai ini ya. Ada yang gratis, tapi ada juga yang berbayar. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan saja saat kamu menggunakan fasilitas yang ada.

Hal Menarik di Pantai Krakal

Nah, ini nih yang dicari ketika berkunjung ke sebuah tempat wisata.

Emang di Krakal apa aja yang menarik?

Oooo, tentu ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Kita sebutin satu-satu ya.

1. Berburu Ikan

Krakal ini terkenal banget sama batu karang dan ikan hiasnya. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan ikan ketika laut sedang surut.

Kalau nggak bawa jaring kecil untuk mencari ikan, kamu bisa membelinya di sana. Ada beberapa pedagang yang menawarkan jaring ikan kok.

Setelah peralatan lengkap, tinggak bersabar dan mencari ikan deh. Tapi tetap ingat ya, jangan banyak-banyak, tetap jaga ekosistem pantai agar tidak rusak.

2. Snorkeling

Kalau ada ikan hias, tentu pemandangan bawah lautnya juga lumayan.

Kamu bisa ber-snorkeling dan melihat keindahan bawah laut di Pantai Krakal. Akan ada pemandangan berupa terumbu karang dan ikan yang berenang beriringan.

Lebih bagus lagi kalau kamu bawa kamera yang waterproof. Jadi, kamu bisa mengabadikan pemandangan di dalam laut sambil selfie. Pasti oke tuh, cocok buat di-upload di Instagram, hehehe.

3. Naik ke Bukit

Sama seperti kebanyakan pantai di Gunung Kidul, naik ke bukit karang itu sayang banget untuk dilewatkan.

Ya, soalnya pemandangan dari atas bukit beda banget. Kamu bisa melihat luasnya pantai dan hamparan laut yang gede banget.

Udah gitu, kalau kamu ke tempat ini pas sore hari, bisa dapet tuh pemandangan senja. Kamu bakal berasa jadi anak indi banget deh. Menikmati angin pantai dan cahaya oranye yang syahdu.

4. Santai Kayak di Pantai

Buat yang udah capet bermain air, mencari ikan, naik ke bukit, dan emang lagi males, coba deh bersantai di gazebo.

Kamu bisa menyaksikan ombak di pinggir pantai yang saling berkejaran. Atau melihat keramaian orang-orang yang sedang sibuk cari ikan, hehehe.

Kalau agak ngantuk, tidur di gazebo juga nyaman. Adem kena angin pantai, tapi nggak kepanasan karena di bawah gazebo.

5. Makan Seafood

Ke pantai tentu ada yang kurang kalau nggak makan seafood. Nah, pas banget, di Krakal ada banyak warung yang menjajakan hasil laut.

Kamu nggak perlu khawatir deh kelaparan di sini. Kalau dateng pas jam rame-ramenya, atau pas warung udah pada buka, bisa nyicipin kelezatan masakan di sini.

Ada banyak warung, tinggal pilih aja yang paling memikat hati, hehehe. Jangan cuma makan aja ya, pesen juga es kelapa muda, biar makin kayak di pantai.

Penginapan Dekat Pantai Krakal

Buat yang pengen menginap dekat dengan Pantai Krakal, ada beberapa penginapan yang bisa kamu sewa. Ada hotel, homestay, dan bebebrapa penginapan murah.

  • Pendawa 79 Lodging
  • Omah Den Ombo
  • Sembodro Cottages
  • Penginapan Slili Biru
  • Penginapan Mayasari
  • Penginapan Djayantika
  • The Royal Joglo
  • Hohok House
  • Penginapan Pasir Putih Tiga Dara Krakal

Tinggal pilih aja tuh beberapa tempat itu. Kamu bisa cari alamat tepatnya di Google Maps. Atau, cari aja di penyedia layanan booking hotel, mungkin ada salah satu di antara beberapa penginapan di atas.

Wisata Dekat Krakal

Karena banyak pantai yang ada di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, maka jarak antar pantainya sangat dekat.

Bahkan, dekat Pantai Krakal ini terdapat beberapa pantai yang nggak sampai 1 km jaraknya.

  • Pantai Slili – jaraknya sekitar 0,4 km
  • Pantai Sadranan – jaraknya sekitar 0,5 km
  • Pantai Sundak – jaraknya sekitar 0,7 km
  • Pantai Indrayanti – jaraknya sekitar 1,4 km
  • Pantai Pok Tunggal – jaraknya sekitar 2,5 km
  • Pantai Drini – jaraknya sekitar 2,6 km
  • Pantai Sepanjang – jaraknya sekitar 3,4 km
  • Pantai Kukup – jaraknya sekitar 5,3 km
  • Pantai Timang – jaraknya sekitar 7,5 km

Nah, tinggal pilih aja kamu mau ke tempat wisata yang mana. Bisa ke Indrayanti yang kece itu misalnya.

Foto Pantai Krakal

Nah, biar kamu makin penasaran dan pengen banget berkunjung ke Krakal, berikut ini beberapa foto keindahan di sana.

ayunan di krakal
@cirengggggggg – instagram.com

Buat yang pengen main ayunan, di Krakal ada nih. Jarang-jaranga kan pantai ada ayunan yang bisa buat foto keren kayak gini.

bukit karang di krakal
@fiiya_niyafi44 – instagram.com

Foto dengan pose unik kayak mbak yang satu ini juga bisa jadi keasikan tersendiri di Krakal lho.

foto di antara batu karang
@elroy_pedro – instagram.com

Atau narsis macam mas yang ini nih. Tapi, karena jauh, nggak begitu kelihatan wajahnya. Yang penting, pemandangan indah dari pantai dan batu karang tetep terlihat.

pemandangan pantai krakal
@ahmaddwi211 – instagram.com

Nah, kayak gini nih penampakan Krakal kalau lagi surut. Kamu bisa melihat kehidupan bawah laut tanpa harus pakai kaca mata selam.

tugu ikan
@mytrip.id – instagram.com

Sekarang juga ada tugu yang bentuknya kayak tulang ikan gini. Banyak juga yang berforo dengan latar tugu ini lho. Tapi ingat, jangan mengotorinya dengan corat-coret ya.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.